Sudah 6 Mobil Nyemplung di Bundaran HI

Bundaran HI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Sebuah mobil kembali nyemplung ke kolam Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu pagi, 25 Mei 2011. Peristiwa mobil nyemplung ke Bundaran HI ini sudah sering terjadi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat, dalam setahun setidaknya ada enam kendaraan roda empat yang terjun ke dalam kolam Bundaran HI.

"Setahun ini sudah ada lima sampai enam. Rata-rata dari arah Kota menuju Semanggi," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Pol Royke Lumowa di Polda Metro Jaya, 25 Mei 2011.

Menurut Royke, secara struktur, tidak ada yang bermasalah di jalan sekitar Bundaran HI. Polisi justru mendapatkan penyebab mobil nyemplung ke kolam karena kesalahan pengemudi.

"Pengemudi didapatkan dalam keadaan mengantuk, mabuk, dan menyetir dalam kecepatan tinggi," jelas Royke.

Karena itu Royke tidak menyarankan betonisasi atau peninggian dinding di sekitar Bundaran HI. "Kalau itu dilakukan akan mengurangi estetika Bundaran HI. Bahkan lebih berbahaya kalau dibeton," jelasnya.

Walau belum menimbulkan korban jiwa, polisi memikirkan sejumlah solusi agar tidak ada lagi mobil yang terjun masuk ke kolam. Salah satunya adalah menambah jumlah rambu di sekitar Bundaran HI, terutama rambu yang bisa menyala di malam hari. Rambu itu akan dipasang sebelum Bundaran HI dari arah Kota ke Semanggi, dan sebaliknya.

"Jenis model spotlight yang bisa menyala di malam hari. Rambu panah ke arah kiri, di pinggir jalan," jelas Royke. (umi)

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas
Juventus vs Lazio

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Duel Lazio vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 30 di Stadion Olimpico, Minggu 31 Maret 2023, pukul 00.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024