Ini Jadwal Baru yang Lengkap KRL Jabodetabek

Uji Coba Kereta KRL Commuter Line
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews -Rute baru KRL Jabotabek mulai berlaku hari ini. Selain soal rute itu juga ada perubahan jadwal kereta api. Banyak jadwal yang selama ini ada, lenyap di daftar baru itu.  Begitu berlaku pagi tadi, banyak penumpang yang mengeluh.

Setahun Beroperasi, KRL Solo-Yogya Layani 2,2 Juta Penumpang

"Parah banget, jadwal baru, semua telat, semua kacau. Tidak ada bagus-bagusnya," ujar Tika seperti dikutip dari KRL Mania.com, Kamis 1 Desember 2011. Banyak pula penumpang yang lain berkeluh kesah soal yang sama.

Sekretaris Perusahaan PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ), Makmur Syaheran, menjelaskan perubahan jadwal karena adanya penambahan perjalanan dari semula 467 menjadi 531. "Tentu ada yang tetap dan ditambah. Ada juga yang berubah," kata Makmur dalam perbincangan dengan VIVAnews.com.

Tujuan penyederhanaan rute ini, kata Makmur, adalah untuk mengurangi overlapping di antara rute dan mengurangi perpotongan perjalanan KRL.

Seperti di stasiun Manggarai. Saat KRL dari Bogor masuk, semua penumpang dari Jatinegara akan menunggu cukup lama. Selama ini, KRL jurusan Tanah Abang-Kota dan Bogor-Kota juga kerap bersilangan di stasiun Manggarai. "Dengan program perubahan rute ini kami berharap ada peningkatan jumlah penumpang sebesar 10% dari sebelumnya," ujar Makmur.

Peningkatan jumlah perjalanan KRL, lanjutnya, juga diikuti penambahan armada, yakni dari PT KCJ sebanyak 100 unit dan dari PT KAI 386 unit. Sehingga total armada KRL yang mendukung perubahan rute menjadi 604 unit KRL.

Viral Video Satpam KRL Cabut Tanda Jarak Duduk Antar Penumpang

Viral Video Satpam KRL Cabut Tanda Jarak Duduk Antar Penumpang

Video Satpam KRL mencabut tanda jarak duduk antar penumpang kereta commuter line viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022