Foke: Jumlah Penerima Beasiswa Akan Naik

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meningkatkan penerimaan beasiswa bagi siswa tingkat atas dan mahasiswa sebanyak 4.090 orang pada tahun ajaran 2012-2013.

Seperti disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, saat menyerahkan beasiswa Badan Amil Zakat, Infak dan Sedekah (BAZIS) tahap ke-IV bagi pelajar SLTA dan mahasiswa S1, jumlah penerima beasiswa naik sekitar 11,7 persen dibanding tahun ajaran 2011-2012 yang hanya sebanyak 3.660 orang.

Menurut Fauzi Bowo, para siswa dan mahasiswa yang menerima beasiswa dari BAZIS adalah pelajar berprestasi. Mereka  dituntut memenuhi berbagai kriteria yang ditetapkan, agar perstasi mereka terjaga.

Pemprov DKI Jakarta akan terus konsisten meningkatkan kualitas pendidikan yang berkualitas agar lebih banyak lagi warga Jakarta yang berprestasi secara akademik, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan berakhlak baik.

"Ini adalah arah pendidikan di Jakarta. Bisa melahirkan SDM berkualitas yang berprestasi, menguasai iptek dan berakhlak," kata Fauzi Bowo.

Sementar itu pada 2013 nanti, Pemrov DKI berencana menjalankan program Bantuan Operasional Siswa kepada pelajar berprestasi tingkat SMU, SMK dan Madrasah Aliyah. Kemudian, akan memproyeksikan program Bantuan Operasioan Pendidikan ke sekolah swasta yang terseleksi.

"Ini akan menjadi peluang bagi BAZIS untuk lebih banyak memberikan beasiswa kepada pelajar," katanya.

Ale Abdullah, Kepala BAZIS DKI Jakarta memaparkan, pemberian beasiswa rutin dilakukan setiap tahun ajaran baru. Pada tahun ini, nilai nominal beasiswa yang diberikan bagi siswa SLTA sebesar Rp150 ribu per bulan dan untuk mahasiswa sebesar Rp200 ribu per bulan.

"Tapi untuk pengambilan dananya dilakukan tiga bulan sekali, sehingga pendistribusiannya bertahap sebanyak empat kali," ujar Abdullah.  (eh)

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024