Busway Layang Ciledug-Blok M Selesai Tahun 2015

Buruh Proyek Infrastruktur Masih Belum Beraktivitas
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Dinas Perhubungan DKI Jakarta menargetkan pembangunan jalur bus TransJakarta jurusan Ciledug-Blok M yang akan dibuat dengan jalur elevated atau jalur layang, akan selesai pada pertengahan tahun 2015.

“Busway layang sudah direncanakan dibangun tahun 2013 dari Ciledug sampai Blok M, di mana jalur elevated akan dibangun di daerah Ciledug, di Jalan Ciledug Raya,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin 26 November 2012.

Pristono mengatakan, pembangunan busway koridor 13 ini akan dibangun dalam tiga tahap yang akan dimulai awal tahun 2013. “Di triwulan pertama dan kedua 2013 akan dilakukan Design Engineering Detail (DED), sementara di triwulan ketiga 2013 akan diadakan pelelangan proyeknya. Baru di triwulan keempat 2014 akan dilaksanakan pembangun fisiknya,” papar Kadishub DKI itu.

Selanjutnya sepanjang tahun 2014-2015 akan dilakukan pembangunan fisik yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2015. Pristono menjelaskan, pembangunan bus TransJakarta koridor 13 dengan jalur layang dilakukan untuk mempercepat waktu tempuh perjalanan melintasi dua provinsi, Jakarta-Banten.

“Elevated busway ini sangat baik karena akan mempercepat hide way (selisih kedatangan bus). Hide way bisa dipercepat karena tidak akan ada halangan bagi bus TransJakarta untuk berjalan di atas Jalan Ciledug Raya,” kata Pristono.

Anggaran pembangunan busway layang itu akan menghabiskan biaya sebesar Rp1,4 triliun. “Akan dikucurkan secara bertahap, Rp300 miliar pada tahun 2013, Rp800 miliar di tahun 2014, dan Rp300 miliar lagi di tahun 2015. Jadi total Rp1,4 triliun,” ujar Pristono.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah DKI Jakarta, Sarwo Handayani, mengatakan jalur layang bus TransJakarta Ciledug-Blok M akan dibangun sepanjang 3 kilometer.

Rumah Dekat Asrama Brimob di Slipi Dilahap Si Jago Merah, 17 Mobil Pemadam Dikerahkan

Pembangunan jalur layang ini nantinya akan serupa dengan dua Jalan Layang Non Tol Kampung Melayu-Tanah Abang dan Antasari-Blok M yang saat ini sedang dibangun. (ren)

BMW i5 eDrive40 M Sport meluncur di Indonesia

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

Beberapa waktu lalu, BMW Group Indonesia baru saja meluncurkan sedan listrik terbaru untuk pasar Indonesia, yang memiliki nama BMW i5 eDrive40 M Sport.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024