2010, Pelabuhan Tanjung Priok Dapat Pesaing

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membangun pelabuhan tandingan Tanjung Priok pada tahun depan.

"Tanjung priok akan mendapat kompetitor," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo saat acara Sustainable Jakarta Convention di Hotel Four Season Jakarta, Selasa, 10 November 2009.

Pelabuhan itu rencananya, kata Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, akan berlokasi di bagian timur laut Jakarta. "Kami tengah mengembangkan di daerah timur laut Jakarta," ujarnya.

Fauzi menuturkan, pembangunan pelabuhan tersebut memanfaatkan Undang-undang Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Rencananya, pelabuhan itu akan meniru pelabuhan di Los Angeles. "Setiap kapal yang mau merapat harus memenuhi persyaratan tertentu," kata dia.

Foke menambahkan, sehingga pengelolaan pelabuhan itu akan memenuhi kriteria lingkungan yang baik. "Kita ingin agar green environment tercipta dalam pelabuhan baru itu," ujarnya.

Pelabuhan tandingan tersebut, lanjut Fauzi, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta. "Pertumbuhan tahun ini saja mencapai 5,2 persen, kami berharap akan bertambah tahun depan," tutur dia.

Tanjung Priok saat ini, kata dia, mengusai ekspor hingga 70 persen. "Monopoli tidak akan memberi level service yang baik," ujar Fauzi.

antique.putra@vivanews.com

Haru, Sopir Bus Ini Diam-diam Bawa Para Penumpang Makan di Rumah Mertuanya saat Idul Fitri
Ilustrasi senjata misil Iran

Perang Resmi Dimulai! Iran Telah Luncurkan Serangan ke Israel

Usai beberapa hari mengatakan akan 'segera' membalas serangan, kini Republik Islam Iran secara resmi telah meluncurkan serangannya ke Israel pada Sabtu malam waktu setemp

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024