Aurora Tambunan, Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata

Mimpikan Jakarta Jadi Kota Musik

VIVAnews - Aurora Tambunan, Deputi Gubernur  DKI Jakarta bidang Budaya dan Pariwisata, punya segudang ide. Dia ingin punya karya selama memegang jabatan Deputi Bidang Budaya dan Pariwisata.

3 Skincare Ini Jadi Paling Diandalkan oleh Penggunanya

Di antaranya, ingin menjadikan Jakarta sebagai kota musik. Pertama-tama yang akan dilakukan perempuan kelahiran Jakarta 29 Januari ini ialah merevitalisasi kawasan Kota Tua.

Aurora ingin Kota Tua kelak menjadi ikon pariwisata Jakarta. Karena di kawasan ini menyimpan berbagai nilai budaya dan sejarah, seni serta ekonomi.

Dalam benak Aurora, salah satu cara memperkenalkan nuansa dan suasana Kota Tua di tingkat nasional maupun mancanegara ialah lewat pertunjukkan musik. Hal ini akan dimulai pada 2010 melalui program  “Week End at Kota Tua.”  Setiap minggu, nanti diselenggarakan pagelaran musik di Taman Museum  Fatahillah.

“Ini mimpi saya. Saya ingin berperan di dalamnya. Dalam Week End at Kota Tua nanti pagelaran musik harus ditampilkan setiap minggunya,” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya Gedung Balaikota Blok G, Rabu 9 Desember 2009.

Dengan mengedepankan musik, perempuan penyuka dansa ini berharap Jakarta bisa menjadi daya tarik pengunjung wisatawan lokal maupun mancanegara.

Menurutnya musik adalah sesuatu hal yang bersifat universal, mudah dikenal dan mudah menarik perhatian banyak orang. Apalagi, dunia musik di Jakarta sedang berkembang pesat.

“Kita punya banyak grup band, kita punya calender of event, dan setiap tahun Jakarta selalu menyelenggarakan pagelaran musik. Jakarta juga sebagai kota budaya, jadi tak hanya musik lokal, semua jenis musik dari luar juga harus ada di Jakarta,” kata Aurora.

Berbagai jenis musik mulai dari blues, jazz, rock, orchestra sebenarnya juga sudah menjadi agenda tahunan Jakarta sehingga menurut ibu dari tiga orang anak ini tidak sulit memperkenalkan kota tua lewat musik.

Istri dari pensiunan pegawai Departemen Perindustrian dan Perdagangan Saut MP Hutahuruk ini ingin menyajikan berbagai opsi kepada wisatawan lokal maupun mancanegara bahwa hiburan di Jakarta tidak harus selalu menghabiskan waktu di mal.

Karena selain dikenal sebagai kota bisnis, Ibukota  Jakarta juga terkenal dengan segudang pusat perbelanjaan.

“Di Kota Tua sambil jalan-jalan saat waktu senggang, bisa juga menikmati musik,” ujarnya.

Sebagai bagian dari Pemda DKI Jakarta, Deputi Gubernur ini pun akan memberikan kemudahan perizinan bagi siapapun yang ingin menggelar kegiatan musik di Jakarta. dia juga akan membuat paket-paket khusus sebagai promosi dan informasi ke berbagai penjuru, agar wisatawan tertarik datang ke Jakarta menikmati aneka musik yang disajikan.

“Ini bisa jadi image baru buat Jakarta, bahwa Jakarta sebagai kota musik,” katanya.

Kerjasama dengan maskapai penerbangan dan hotel juga akan dilakukan dengan membuat paket murah liburan ke Jakarta sambil menyaksikan musik. Lewat calender of  event yang disebar di airport serta website (jakartatourism.go.id) diharapkan mampu memberikan informasi kepada siapapun termasuk masyarakat luar negeri agar tertarik datang ke Jakarta.

“Saat ini pertumbuhan pengunjung Jakarta 1,6 juta per tahun. Sementara khusus untuk turis lokal setiap tahunnya bisa mencapai 10 juta pengunjung,” kata dia.

Master plan sedang disiapkan Aurora. Diharap bisa meningkatkan target pengunjung Jakarta. Karena bagi dia musik pasti menyimpan daya tarik tersendiri.

PT Bumi Resources Minerals Tbk. (ilustrasi)

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023

PT Bumi Resources Minerals Tbk (BRMS) menyampaikan total pendapatan sepanjang tahun 2023 mencapai US$46,63 juta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024