Penentang Patung Obama Ancam Menggugat

VIVAnews – Kelompok penentang pembangunan patung Barack Obama di Taman Menteng, Jakarta Pusat, mengancam mengajukan gugatan ke pengadilan apabila anggota komunitas mereka di facebook mencapai 100 ribu orang. Gugatan ini bakal direalisasikan apabila patung itu tidak dibongkar.

"Kalau masyarakat yang menolak sudah tembus angka 100 ribu, gugatan sudah bisa dilayangkan," kata penggagas group facebook "Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng" Heru Nugroho, Rabu 16 Desember 2009.

Patung Obama yang tidak dikehendaki komunitas ini sebenarnya baru diresmikan pada Kamis 10 Desember 2009. Patung menggambarkan Obama sewaktu masih berusia sepuluh tahun. Patung berbahan perunggu dengan tinggi dua meter. Pembangunannya digagas lembaga ‘Friends of  Obama.’

Mereka yang menolak keberadaan patung Obama di Taman Menteng, antara lain beralasan bahwa sosok Obama tidak merepresentasikan kepentingan masyarakat Indonesia.

Mereka menggalang dukungan antipatung Obama melalui facebook. Grup “Turunkan Patung Barack Obama di Taman Menteng” mengklaim telah memiliki 12.661 anggota.

Group lain yang menulis “Tolak Pemasangan Patung Barack Obama di Taman Menteng" yang digagas Hafiz Harahap mengklaim telah mengumpulkan 492 anggota.

Sementara group "Menolak Keras Patung Obama di Indonesia" yang digagas Reza mendapatkan 31 anggota.

Protes secara tertulis juga mereka kirim kepada Gubernur DKI Jakarta Fauzi  Bowo termasuk juga Departemen Pariwisata dan Kebudayaan.

Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana mengatakan pembangunan patung sejatinya merupakan cara untuk mengenang jasa orang yang dianggap pahlawan.

Mengenai penolakan patung Obama di Taman Menteng dan selanjutnya menggantinya dengan tokoh masyarakat Indonesia, Triwisaksana mengatakan itu sah sah saja.

Tapi Triwisaksana juga setuju apabila patung itu tetap berdiri di sana.

Spesifikasi Toyota Fortuner Hybrid yang Dijual Rp700 Jutaan
Vicky Prasetyo

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah

Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya, Vicky Prasetyo telah mempersiapkan diri untuk berumah tangga dengan sebaik-baiknya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024