Tahun Ini, Banjir Rob Belum Bisa Dikendalikan

Air laut pasang atau rob yang menyebabkan sejumlah kawasan di Jakarta Utara banjir masih akan mengancam pada tahun ini. Sebab pembangunan tanggul di Cilincing hingga ke Marunda sepanjang tiga kilometer baru akan selesai akhir tahun.

Hal ini dikarenakan kondisi tanah di Jakarta Utara sebanyak 60 persen di bawah permukaan laut.

Hingga akhir tahun lalu, pembangunan tanggul baru mencapai panjang 900 meter. Sedangkan sisanya sepanjang 2,1 kilometer ditargetkan rampung tahun ini.

“Tanggul Cilincing ini harus rampung tahun ini juga, agar dapat menekan titik lokasi rawan banjir di Jakarta Utara,” ujar kata Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono seperti dikutip situs Pemerintah DKI, Jumat, 22 Januari 2009

Pengerjaan tanggul tersebut, kata Bambang, merupakan kewenangan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta. Karena itu, saat paparan dirinya meminta langsung kepada Kepala Dinas PU DKI Jakarta untuk segera menuntaskan pembangunan tanggul tersebut.

Selain meminta percepatan pembangunan tanggul Cilincing-Marunda, Bambang juga telah mengajukan surat permohonan kepada PT Pelindo II untuk memperbaiki tanggul Muara Baru yang seringkali jebol.

“Selama ini PT Pelindo II selalu merespon surat kami. Setiap tanggul yang jebol langsung diperbaiki. Jadi koordinasi lintas sektoral sudah baik. Kami siap mengantisipasi banjir di Jakarta Utara,” tegasnya.

Untuk mengantisipasi banjir di Jakarta Utara, lanjut Bambang, pihaknya telah memiliki sistem penanganan yang komprehensif seperti, pembangunan lima pintu air berikut pompa penyedot air di lima anak sungai yang mengalir ke wilayah utara.

“Pompa ini berguna untuk mengurangi banjir karena rob. Kalau air laut naik, pintu air ditutup, pompa bekerja menyedot genangan air. Kalau ada itu kita aman,” jelasnya.

Untuk mengantsipasi banjir di Jakarta Utara, sebanyak 5.000 petugas yang terdiri dari anggota TNI-Polri, aparat pemerintah kota, dan Pemprov DKI Jakarta yang tergabung dalam sistem Satuan Koordinasi Pelaksana Penanggulangan Bencana dan Pengungsian (Satkorlak PBP) disiapkan untuk penanggulangan banjir.

Sarana dan prasarana berikut obat-obatan, dapur umum, dan mobil juga telah disiapkan hingga ke tingkat kelurahan. “Tenda evakuasi dan dapur umum sudah stand by semuanya. Kami sudah siap jika terjadi banjir," ungkapnya.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Persebaya Surabaya
Drama Queen of Tears

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?

Drama Queen of Tears ini membuat para penggemar semakin penasaran dengan kemungkinan adanya adegan ranjang antara pasangan Hae In (Kim Ji Won) dan Hyun Woo (Kim Soo Hyun)

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024