Minum Suplemen Efeknya Sama Dengan Olahraga?

VIVAnews - Tidak diragukan lagi bahwa olahraga, terutama jenis aerobik, bisa menambah tabungan kesehatan kita dimasa depan. Namun baru-baru ini beberapa peneliti menyatakan, melakukan aktivitas olahraga ditambah dengan suplemen antioksidan dosis tinggi dari vitamin C dan E bisa memberikan manfaat lebih untuk perubahan dan penambahan stamina Anda. Bahkan hanya mengonsumsi suplemen, tingkat kesehatan Anda bisa sama baiknya dengan melakukan olahraga, benarkah demikian?

Baru-baru ini, dalam penelitian di Jerman, yang dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, para peneliti yang telah melakukan penelitian terhadap 39 orang muda ( yang dilatih dengan olahraga dan tidak terlatih) berlari mengikuti lintasan kereta api selama 85 menit selama lima hari dalam seminggu.

Sebagain dari mereka yang diteliti juga mengkonsumsi 400 IU vitamin E dan 1.000 miligram vitamin C sehari dengan dosis normal. Penelitian ini dilakukan selama 12 tahun, dan setelah empat minggu, hanya orang-orang yang tidak mengambil suplemen memiliki perbaikan dalam sensitivitas insulin dan ditemukan bahwa sistem antioksidan alami makin meningkat di dalam tubuh.

Dari penelitian ini terbukti bahwa manfaat dari latihan bisa meningkatkan sensitivitas insulin, dengan kata lain, berarti tubuh lebih mampu mengendalikan gula darah, yang dapat membantu mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Perlu diingat pula bahwa tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa seorang atlet mengalami penyakit jangka panjang akibat efek negatif dari kegiatan berolahraga. Sebaliknya, penelitian membuktikan bahwa olahraga membuat seseorang semakin sehat, mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

Anda pun perlu tahu bahwa olahraga memiliki banyak manfaat yang telah terbukti jauh lebih besar dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen. Mendapatkan antioksidan dari buah-buahan, sayuran, dan gandum atau makanan alami lainnya lebih baik untuk kesehatan Anda ketimbang suplemen. Dan lakukanlah secara konsisten latihan rutin, terbukti lebih meningkatkan pertahanan antioksidan tubuh dari waktu ke waktu.

Posisi Penis Saat Pakai Celana, Harusnya Menghadap ke Atas atau ke Bawah?
Ilustrasi kelompok LGBT

RUU Sah, Thailand Akan Jadi Negara ASEAN Pertama yang Legalkan Pernikahan Sesama Jenis

Negara tetangga Indonesia, Thailand akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengakui pernikahan sesama jenis, setelah para politisi meloloskan RUU pernikahan sesam

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024