Kota Kreatif, Jakarta Punya

ADA yang beda di Taman Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta Barat, pada Sabtu 13 Maret 2010, malam. Tidak seperti biasanya, di salah satu komplek wisata paling bersejarah ini dipenuhi ribuan orang. Ada apa gerangan.

Ternyata di Kota Tua sedang ada pemutaran video 3D. Apa sih yang menarik dari sebuah video 3D. Ini bukan sekedar video biasa yang kita sering lihat melalui layar. Malam itu, fasade Museum Fatahillah disulap menjadi big screen dari pemutaran video 3D. Ini disebut Video Mapping

“Video Mapping 3D ini merupakan tontonan yang menyajikan gambar bergerak dengan wadah berupa gedung Museum Sejarah Jakarta,” kata salah satu pembuat video Mapping 3D, Sakti Parantean.

Video Mapping ini merupakan karya seni kolaborasi seniman multimedia terkemuka Inggris D-Fuse dan sineas muda Indonesia Sakti Parantean dan Adi Panuntun, serta fotografer Feri Latief, juga penulis Taqarrabie.

Tujuan utama acara ini tak lain adalah untuk mengusung misi Pemprov DKI merevitalisasi Kawasan Kota Tua sebagai kawasan industri kreatif. Pertunjukan yang baru pertama kali dipertunjukkan di Indonesia ini terselenggara atas kerja sama Pemprov DKI Jakarta dengan British Council dan Kamar Dagang dan Industri (KADIN).

Video Mapping yang baru ditemukan 3 tahun lalu di Eropa ini bercerita tentang kilas balik histori kawasan kota tua yang dulu merupakan pusat pemerintahan kolonial Hindia-Belanda. Diawali dengan suasana hutan rawa, lalu bergerak ke masa kejayaan Belanda, era kemerdekaan, hingga saat ini. Gambar-gambar ‘eye catching’ disertai permainan lampu dan musik yang selaras membuat pertunjukan semalam sangat menarik dan menghibur.

Harapannya ialah semakin banyak ruang kreatif di ruang publik Jakarta. Sesuai dengan tagline yang terpampang di setiap baliho acara ini ‘Kota kreatif, Jakarta Punya!’

Galuh Prasamuarsi Parantri

Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia
Edy Rahmayadi.(B.S.Putra/VIVA)

Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi diwakili tim pemenangan mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon Gubernur Sumut 2024, di Kantor DPD PDIP Sumut.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024