Cucu Ahmad Kurnia

Dari Abang Jakarta Jadi Jubir Gubernur

VIVAnews – Cucu Ahmad Kurnia. Kepala Bidang Informasi Publik Pemprov DKI Jakarta ini merupakan salah pejabat yang sibuk pada waktu Jakarta dilanda banjir kiriman dari Bogor, Februari 2010.

Peran pria kelahiran Jakarta pada 1971 tergolong sangat penting agar korban banjir tidak meluas. Misalnya, dia aktif menginformasikan situasi terakhir permukaan air ke para wartawan yang bertugas di Balaikota Jakarta.

Tujuan informasi itu ialah agar diteruskan ke media masing-masing dan dibaca banyak orang sehingga warga dapat segera bersiap-siap dengan datangnya banjir akibat luapan sungai.

Informasi semacam itu ternyata cukup memberikan manfaat. Dengan lebih dulu tahu akan datangnya banjir kiriman, maka warga bisa cepat-cepat mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Tentu saja tugas Cucu tidak hanya memberi informasi seputar ketinggian air di kala hujan. Tugas utama peraih Master of Business Administration Nanyang Business School Singapore ini ialah menjadi juru bicara Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo.

Karena itu, dia harus siap menjawab segala sesuatu yang menyangkut kebijakan-kebijakan pemerintah.

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh suami dari Irnawaty Rasyid untuk berkarir menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Namun sejak terpilih menjadi Abang Jakarta pada 1995, Cucu yang banyak terlibat dalam kegiatan Dinas Pariwisata DKI akhirnya tertarik menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

Sebelum diangkat menjadi Kepala Bidang Informasi Publik pada Oktober 2009, terakhir Cucu menjabat sebagai Kepala Seksi Promosi Luar Negeri Dinas Pariwisata DKI.

Kebanyakan jebolan Abang-None Jakarta memilih berkarir di dunia hiburan. Berbeda dengan Cucu yang justru merasa enjoy menjadi petugas bagian Hubungan Masyarakat Pemprov DKI Jakarta.

"Pekerjaan bukan sekadar mencari uang. Tapi yang penting happy dan di sini wawasan saya bertambah luas," kata Cucu.

Dalam kesehariannya, Cucu seringkali mendampingi Gubernur Fauzi. Baik itu kegiatan di kantor maupun kunjungan luar. Karena itu, tak heran kalau ayah dari Safiera Amalia Kurnia dan Wildan Fadhilah Kurnia ini ikut menjadi pusat perhatian.

Cerita Cucu mengenai awal ketertarikannya masuk dunia sipil adalah karena saat menjadi Abang Jakarta Cucu banyak bergaul dengan PNS. Salah satunya Fauzi Bowo yang kala itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata.

"Waktu menjadi Abang Jakarta, saya kan jadi anak buahnya beliau," katanya.

Cucu kagum dengan Fauzi yang mengenyam pendidikan di luar negeri malah memilih bekerja manjadi PNS. Sebab, berkarir di jalur PNS kurang begitu mendapat tempat di hati kalangan anak muda.

"Kenapa saya tidak," kata pria yang juga pernah menuntut ilmu pada International Advance Manajemen Program di MIT Sloan School of Management di Cambridge USA tahun 2006. 

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Terancam 4 Tahun Bui
Tarisland

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

Kini, official Tarisland semakin meningkatkan kegembiraannya dengan diumumkannya event Tarisland Superstar, sebuah langkah yang telah menciptakan kehebohan pada komunitas

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024