Lapan Belum Temukan Sampel Meteorit

Lokasi ledakan di Duren Sawit, Jakarta Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Lembaga Penerbangan Antariksa Nasional (Lapan) sudah mengambil data-data perhitungan jatuhnya benda luar angkasa pada Kamis sore di Duren Sawit.

Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan pengambilan data dilakukan dua sesi. Data itu akan segera diolah menjadi rekaan skenario jatuhnya meteor.

Thomas mengaku pengambilan data kemarin belum final seluruhnya. Data pertama diambil pukul 16.00 WIB sampai menjelang maghrib dan lalu disusul pengambilan tahap kedua pada pukul 20.00 WIB kurang lebih selama setengah jam.

"Kami baru bisa melihat kondisi dan menyusun bagaimana skenario jatuhnya meteor itu," kata Thomas saat berbincang dengan VIVAnews, Sabtu 1 Mei 2010. Lapan kemarin juga sempat mencari sampel tapi belum ditemukan.

Dugaan sementara bahwa sebagian sisa meteor yang jatuh (sampel) masih ada di bagian atas rumah belakang, tepat di mana tembok belakang rumah meteor itu runtuh. Namun pencarian tidak dapat dilanjutkan karena kondisi waktu yang sudah terlalu malam dan atap rumah yang diduga rapuh. Pasalnya menurut warga sekitar memang rumah belakang itu sudah dua tahun tidak ditinggali.

Thomas pun memutuskan kemungkinan akan kembali lagi untuk mengambil sampel dalam waktu dekat. "Kami harap secepatnya, besok atau lusa sudah bisa kembali lagi ke lokasi," kata dia.

Untuk sementara, karena belum mendapatkan sampel, Lapan akan bekerjasama dengan kepolisian yang disebut sudah mengambil beberapa sampel. Thomas sendiri mengaku belum melihat langsung sampel yang telah diambil oleh kepolisian. "Melihat lokasi, indikasi kuat memang itu meteorit, tapi ciri secara fisik belum sempat kami temukan," katanya. (umi)

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan
Pemkot Tangsel rapikan kabel fiber optik yang semrawut

Rapikan Kabel Fiber Optik Semrawut di Tangsel, Ini 5 Titik yang jadi Sorotan Pemkot

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan turun tangan langsung dalam melakukan imbauan dan penindakan semrawutnya kabel fiber optik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024