5.000 Pelanggan PAM Kena Penyesuaian Tarif

Anak minum air keran
Sumber :
  • Corbis

VIVAnews - Sebanyak 5.000 pelanggan air bersih di Jakarta akan dikenai penyesuaian kelompok tarif air. Jumlah ini termasuk pelanggan PT Aetra dan PT Pam Lyonnaise Jaya (Palyja)

Penyesuaian kelompok tarif air, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No 11 Tahun 2007 tentang Penyesuaian Tarif Otomatis Air Minum Semester I.

Ribuan pelanggan tersebut dikategorikan layak dikenai penyesuaian kelompok tarif air dilihat dari luas bangunan, struktur atau kualitas bangunan, dan fungsi atau peruntukan bangunan yang telah berubah. Dengan kata lain, pelanggan tersebut tergolong kelompok mapan.

Diperkirakan, jumlah tersebut akan bertambah hingga akhir tahun yang didasarkan hasil survei yang dilakukan di lapangan kepada pelanggan yang dikategorikan dalam kelompok Rp 1.050 hingga Rp 3.550.

Corporate Communications Head PT Palyja, Meyritha Maryanie mengatakan, dari total pelanggan Palyja yang berjumlah 412 ribu pelanggan, di dalamnya terdapat 70 persen atau 288.400 pelanggan yang termasuk dalam kelompok tarif air golongan I hingga III.

"Mereka membayar harga air di bawah harga produksi air baku sebesar Rp 7.500 per meter kubik," ujar Meyritha Maryanie di Jakarta, seperti dikutip dari situs Beritajakarta.com, Minggu 30 Mei 2010.

Dari 288.400 pelanggan itu, pelanggan yang berada di kelompok tarif air IIA1 dengan kisaran tarif Rp 1.050 per meter kubik berjumlah 80 ribu pelanggan.
Kelompok pelanggan inilah yang dilakukan survei dalam bentuk sensus pelanggan untuk pembaharuan data sehingga dinilai layak mendapatkan penyesuaian kelompok tarif air.

Pada 2010, hingga bulan April, tercatat sudah 2.000 pelanggan kelompok IIA1 (Rp 1.050 per meter kubik) yang mengalami penyesuaian tarif. Sebagian besar dinilai layak dinaikkan kelompok tarifnya menjadi Rp 3.550 per meter kubik dan hanya sedikit yang dikenakan penurunan kelompok tarif air.

"Yang dinaikkan kelompok tarifnya bertujuan meminimalisasikan subsidi yang selama ini diberikan kepada pelanggan kelompok IIA1," tutur Meyritha.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Aetra Air Jakarta, Sjahril Japarin mengatakan, pada awal Juni, penyesuaian kelompok tarif air segera diberlakukan. Hal setelah dilakukan survei di kawasan Balai Pustaka, Jakarta Pusat dan kawasan Gudang Air, Jakarta Timur kepada sekitar 7.655 pelanggan.

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Dari jumlah tersebut, hasil survei menetapkan sekitar 3.079 pelanggan akan mengalami penyesuaian kelompok tarif air. Diantaranya 3.004 pelanggan akan dinaikkan kelompok tarif airnya dan 75 pelanggan akan diturunkan kelompok tarif airnya. (hs)

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Diskusi Dengan Wakonsul Amerika

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

 Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menerima kunjungan Wakil Konsul bagian Ekonomi dan Politik untuk Konsulat Amerika di Sumatera, Suraj Mungara, Kamis

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024