Bantargebang Akan Jadi Tempat Wisata

TPA Bantar Gebang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Saat ini, muncul gagasan untuk menjadikan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, sebagai tempat wisata. Tujuannya, untuk mengubah citra menjijikkan tentang tempat pembuangan sampah.

Menurut salah satu penggagasnya, Direktur Utama PT Godang Tua Jaya, Rekson Sitorus, Senin 14 Juni 2010, "Selama ini, masyarakat menganggap TPST Bantargebang tidak bisa dijadikan tempat rekreasi. Padahal bisa. Kami ingin membuktikannya."

PT Godang Tua Jaya merupakan perusahaan swasta yang selama ini mengolah sampah di Bantargebang menjadi pupuk.

Melalui program wisata, Rekson berharap masyarakat bisa memperlakukan sampah sebagaimana mestinya.

TPST Bantargebang memiliki luas sekitar 150 hektar. Lokasi ini merupakan tempat pembuangan sampah warga Jakarta. Rekson menggagas di lokasi itu nanti didirikan berbagai sarana dan prasarana untuk berekreasi.

Rekson menambahkan selain dijadikan tempat wisata, kawasan ini juga akan dijadikan sebagai Pusat Studi Pengelolaan Sampahan.

"Wisatawan akan diajak berekreasi sambil belajar bagaimana mengelola sampah. Jangan kaget bila nanti di sekitar TPST ada sarana outbound dan kolam renang," katanya di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Saat ini, di Bantargebang terdapat sekitar 10 juta meter kubik sampah yang menumpuk sejak 1989.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji
Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan U-23

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Unggul juimlah pemain, Timnas Indonesia U-23 malah kebobolan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024