METRO

"Video Mesum Asli, Bisa Jadi Barang Bukti"

Roy Suryo memastikan, video ketiganya asli. Tiga video itu bisa dijadikan barang bukti.
Selasa, 15 Juni 2010
Oleh : Ismoko Widjaya
Luna Maya&Ariel

VIVAnews - Pengamat telematika Roy Suryo diminta Polri untuk menjadi salah satu dari dua saksi ahli kasus video porno mirip artis Ariel 'Peterpan', Luna Maya, dan Cut Tari. Roy memastikan, video ketiganya itu asli.

"Saya sudah bisa memastikan per hari ini. Videonya tidak diragukan lagi, asli," kata Roy Suryo saat dihubungi, Selasa 15 Juni 2010.

Keaslian yang dimaksud Roy Suryo dalam arti, bahwa video itu bukan rekayasa. Tidak adanya rekayasa dalam itu contohnya adalah tidak ada efek dubbing dalam ketiga video itu.

"Video ini menjadi pangkal dari pemeriksaan yang lain," kata pria bernama asli Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo ini.

Dengan begitu, menurut Roy, video ini memenuhi syarat seperti yang disebut dalam pasal 5 ayat 1 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), bahwa ada rekaman elektronik atau alat bukti cetaknya.

"Jadi, video ini sudah bisa menjadi alat bukti yang sah. Kalau tidak dipastikan kesahihan video ini, tidak boleh ada orang yang hanya gara-gara mirip lalu diperiksa," ujarnya lagi.

Roy Suryo diminta Polri untuk menjadi saksi ahli khusus untuk menganalisa dari segi videografis. Sedangkan untuk pemeriksaan informatika, pelacakan Internet Protocol (IP) dan lain-lain itu akan dilakukan M Salahuddin.

Sebelumnya, Ariel dan Luna Maya sendiri sudah membantah kebenaran video itu adalah berisi mereka berdua. Kendati demikian, keduanya menyerahkan kepada kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini. Cut Tari juga membantah bahwa video itu adalah dirinya.

"Yang jelas kita tidak merasa dan kita tidak seperti apa yang orang tuduhkan," kata Luna Maya kemarin. (umi)

TERKAIT
    TERPOPULER
    File Not Found