METRO

Anthurium Seharga Rp 30 Ribu, Mau?

Anda pecinta bunga. Jika ya, Anda perlu mengunjungi Festival Kembang Rawabelong, Jakarta.

ddd
Selasa, 15 Juni 2010, 15:19 Maryadie, Zaky Al-Yamani
Tanaman Anthurium
Tanaman Anthurium (ning,com)

VIVAnews - Anda pecinta bunga. Jika ya, Anda perlu menikmati keindahan bunga di Festival Kembang Rawabelong, Jakarta Barat. Festival ini akan berlangsung sejak tanggal 12 Juni hingga 19 Juni 2010.

Dalam festival ini, berbagai aneka ragam jenis bunga ditampilkan oleh ratusan kios milik peserta festival. Seperti yang terlihat di salah satu stand peserta festival, Nungki Orchid.

Di stand seluas 3x5 meter ini, berbagai aneka bunga hias dijajakan seperti anggrek, mawar, melati dan jenis bunga lainnya.

Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu menguras isi kantong. "Rata-rata harga bunga di sini berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 300 ribu" ujar Nungki.

Bunga Anthurium yang sempat menjadi tren kolektor beberapa tahun lalu, di stand ini dijual dengan harga murah. "Memang trennya sedang menurun, di sini bunga tersebut dijual dengan harga Rp 30 ribu per pot" ujar Nungki.

"Bunga hias termahal yang dijual adalah kantung semar," ujar Nungki. Bunga tersebut ditawarkan dengan harga Rp 300 ribu.

Penyelenggaraan festival ini merupakan usaha Pemerintah DKI Jakarta untuk kembali memperkenalkan Rawabelong sebagai sentra bunga terbesar di Jakarta.

Selain itu, pelaksanaan festival ini untuk menjaga tradisi masyarakat Rawa Belong yang sejak dahulu telah berkecimpung dalam budidaya kembang hias.

"Buat acara ini, kenapa dipusatkan di Rawabelong. Karena memang budidaya dan berdagang bunga sudah menjadi tradisi di sini. Dan ini budaya yang perlu dipertahankan" ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI, saat membuka festival ini.

Dan menurut Fauzi Bowo, Pasar Kembang Rawabelong telah menjadi titik pusat penjualan bunga dan segala macam yang terkait dengan budidaya kembang hias di Jakarta. "Dan Rawa Belong tidak hanya terkenal di Jakarta dan sekitarnya saja, tapi telah menjadi rujukan sentra bunga tingkat nasional" ujar Fauzi Bowo.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com