Dua Penipu Spesialis Rental Mobil Dibekuk

Mobil curian yang disita polisi
Sumber :
  • VIVAnews/Nicolaus Tomy Kurniawan

VIVAnews - Satuan Kejahatan dan Kekerasan Ditreskrimum Polda Metro Jaya membekuk dua pelaku sindikat pencurian mobil rental dan mobil boks yang kerap beraksi di Jakarta.

Kasat Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Nico Afinta mengatakan, penangkapan bermula dari informasi pemilik rental yang mobilnya dibawa kabur pelaku.

Dari situ, petugas melakukan pengejaran terhadap pelaku. "Akhirnya tertangkap pelaku berinisial D di Surabaya," ujarnya, Rabu 16 Juni 2010.

Berdasarkan pengakuan tersangka, lanjut Nico, sudah ada delapan mobil yang berhasil digelapkan.

Modus yang dilakukan tidak berbeda dengan cara sebelumnya. Pelaku meminjam mobil rental dengan menggunakan identitas palsu dan langsung menjualnya kepada penadah di daerah Jawa Timur.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

"Kini kita masih mengejar otak dari sindikan tersebut, sedangka D bertugas sebagai pemetik," jelasnya.

Selain itu, petugas berhasil meringkus pelaku sindikat pencurian mobil box dengan modus yang berpura-pura menjadi karyawan di sebuah jasa pengiriman barang.

Pelaku yang berinisial R ditangkap di rumahnya di daerah Bandung, Jawa Barat. "Mobil dijual kepada penadah di kawasan Jawa Barat. Cat mobil diganti dan dijual kembali dengan surat-surat palsu," tuturnya.

Dari tangan keduanya polisi berhasil menyita 13 kendaraan dari berbagai merek. Kini, keduanya ditahan di Polda Metro Jaya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (adi)

Indonesia vs China Lewat One Pride MMA-WLF Teken Kerja Sama: Are You Ready?

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Sembilan petarung One Pride MMA Indonesia akan tampil dalam pertandingan internasional pada Juni 2024 mendatang. Mereka menghadapi para petarung asal China.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024