Ide Perpanjangan Jam Operasi Busway Dikaji

Bus TransJakarta tengah mengambil penumpang
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews – Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta tengah mengkaji usulan DPRD Jakarta agar jam operasional bus Transjakarta diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB dari yang selama ini hanya sampai pukul 22.00 WIB.

“Kami mendukung secara positif, tapi kami tidak bisa langsung memutuskan karena harus betul-betul dipelajari,” kata Kepala Dinas Perhubungan Jakarta, Udar Pristono, kemarin.

Udar memahami bahwa usulan perpanjangan jadwal operasional Transjakarta karena didasari meningkatnya tuntutan pengguna jasa layanan transportasi umum.

Itu sebabnya, kata Udar, pengkajian terhadap usulan itu akan dilakukan dengan melibatkan Badan Layanan Umum Transjakarta yang menjadi pengelola Bus Transjakarta.

Udar menambahkan poin-poin yang akan dikaji, di antaranya tingkat permintaan masyarakat dalam menggunakan Bus Transjakarta pada malam hari serta angka penumpang yang akan menggunakan bus itu hingga pukul 24.00.

Selain itu, juga akan dikaji kesanggupan BLU Transjakarta untuk menyediakan armada bus di malam hari dan biaya operasional yang pasti akan bertambah. Setidaknya kajian ini untuk menghindari terjadinya ketidakseimbangan di lapangan. Maksudnya jangan sampai armada yang disediakan di malam hari cukup banyak namun ternyata penumpangnya sangat sedikit. Jika hal ini terjadi maka akan menambah beban operasional BLU. 

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

Sebelumnya, Direktur BLU Transjakarta, Asrining Rini, juga mengatakan bahwa usulan perpanjangan jam operasional itu harus dikaji lebih dulu. "Sebab, selama ini jumlah penumpang di atas jam 22.00 WIB itu tidak begitu banyak,” kata Asrining Rini, ketika dihubungi VIVAnews.

Rini khawatir jika jam layanan yang selama ini hanya sampai jam 22.00 WIB diperpanjang sampai pukul 24.00 WIB  direalisasikan, BLU Transjakarta bakal rugi besar.

Persib Bandung vs Bhayangkara FC

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur

Persib Bandung berbagi poin dengan Bhayangkara FC dalam laga lanjutan Liga 1 2023/2024. Duel digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024