Cegah Banjir, DKI Tambah Saringan Sampah

Sampah di Kanal Banjir Timur
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Buruknya sistem drainase dan sampah yang menumpuk di aliran sungai membuat bahaya banjir masih terus menghantui warga ibukota Jakarta. Kondisi ini makin diperparah dengan lambannya Pemprov DKI mengambil langkah penanganan pengerukan sungai yang mengakibatkan pedangkalan pada aliran sungai.

Berdasarkan data Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, saat terdapat 109 titik tumpukan sampah menggunung di sekitar aliran Sungai Ciliwung. Ratusan titik sampah tersebut tersebar di 75 kelurahan yang dialiri sungai tersebut. Meski pada tahun ini penanganan terhadap masalah ini telah dilakukan di 12 titik tumpukan. Namun hal itu diprediksi tidak akan berdampak signifikan terhadap langkah penanganan banjir.

Selain mengintensifkan pengerukan sungai dan pembangunan pompa, pemasangan saringan sampah dinilai harus diperbanyak.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum DKI, Fahrurrozi, mengatakan pada tahun ini pihaknya akan melakukan penambahan tiga saringan otomatis sampah, yakni di Cipinang, Cililitan dan Cawang. Sedangkan saat ini saringan yang telah ada sebanyak 14 saringan. “Saringan sampah ini sangat penting untuk mengurangi banjir," katanya.

Seperti di Angke Pesing, saringan sampah yang ada sebelumnya masih manual. Rencananya akan diganti otomatis. Lalu untuk saringan sampah di Kramat Sentiong juga akan dipasang. Namun, baru akan diusulkan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2010.

Menurut dia, pengadaan saringan sampah tidak bisa dilakukan dalam waktu serentak dalam jumlah banyak. Mengingat anggaran yang dibutuhkan sangat besar. Satu saringan sampah otomatis bisa seharga Rp9 miliar. Seperti yang dipasang di Cawang. Meskipun demikian, masing-masing lokasi berbeda harganya, lantaran harus mengacu pada lebar sungai. Beberapa lokasi yang belum terpasang saringan sampah otomatis, antara lain di Kali Krukut, Sunter, dan Jati Kramat. (sj)

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes
Ilustrasi membersihkan wajah.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Munculnya jerawat bisa karena bermacam-macam alasan, namun yang paling sering dibicarakan adalah jerawat purging dan breakout yang terjadi karena reaksi kulit terhadap sk

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024