Car Free Day Berlaku di Sudirman & Thamrin

Car Free Day
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hari bebas kendaraan (Car Free Day) di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Minggu 4 Juli 2010, diberlakukan di kawasan Jalan Sudirman hingga MH Thamrin, Jakarta.

Data yang dihimpun Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, jalur cepat di ruas jalan tersebut akan ditutup mulai dari Bundaran Senayan hingga Bundaran Bank Indonesia sejak pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

Kendaraan pribadi dan kendaraan umum hanya bisa melintas di jalur lambat. "Sementara busway beroperasi normal," tulis keterangan itu.

Car Free Day hari ini juga akan diwarnai dengan kegiatan Fun Bike Online dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 64 sekaligus kampanye melestarikan lingkungan hidup (go green).

Di Jakarta, rute Fun Bike Online mulai dari Silang Monas - Thamrin - Sudirman - Semanggi - Senopati - Pattimura - Trunojoyo - CSW - Sisingamaraja - Bundaran Senayan. Lalu kembali lagi lewat Semanggi - Sudirman - Thamrin dan berakhir di Silang Monas.

Berdasarkan hasil evaluasi Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta mengenai kualitas udara, hari bebas kendaraan selama 2009 dinilai efektif memulihkan mutu udara di kawasan tertentu.

Pemulihan mutu udara tersebut dilihat persentase penurunan konsentrasi pencemaran yang cukup signifikan pada parameter debu (PM-10) turun sebesar 37 persen, karbon monoksida (CO) turun 67 persen, dan nitrogen monoksida (NO) turun sebesar 75 persen.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024