PNS Pelaku Pelecehan di Busway Layak Dipecat

Bus Transjakarta
Sumber :
  • jakarta.go,id

VIVAnews - Lembaga Bantuan Hukum Keadilan (LBH Keadilan) mendesak Ketua Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memecat anak buahnya yang yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap dua mahasiswi di Bus Transjakarta, Senin 2 Agustus 2010.

Direktur LBH Keadilan, Halimah Humayrah Tuanaya, berpendapat bahwa DA, adalah PNS yang seharusnya menjadi contah bagi masyarakat.

"Sangat tidak pantas. Kami meminta Ketua BPKP sebagai atasan DA memecat secara tidak hormat," ujarnya.

Terkait kejadian yang menimpa mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah dan Universitas Trisakti itu, LBH Keadilan siap mendampingi korban untuk mendapatkan keadilan.

Selain itu, Halimah juga meminta pengelola Bus TransJakarta untuk menambah jumlah busnya. Hal ini untuk menghindari suasana yang sesak di dalam busway.

"Karena di dalam bis terlalu penuh. Jangan sampai terus memakan korban," ujar Halimah menambahkan.

DA, 35 tahun, yang bekerja sebagai staf di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), melakukan pelecehan terhadap DW dan NG.

Seperti sengaja, bersamaan dengan bus yang sedang mengerem, pelaku menciumi lengan korban. Tapi perlakuan ini masih dianggap biasa karena kondisi bus sedang penuh.

Tapi, korban korban mulai sadar karena kejadian ini berlangsung berkali-kali saat mobil mengerem.

Lebih gawatnya lagi, pelaku malah sengaja memegang payu dara kedua mahasiswi itu saat mobil mendekati halte Haromini. Kedua mahasiswi itu tentu berteriak.

Berdasarkan kejadian ini, petugas busway segera mengamankan DA dan membawanya ke Pos Polisi Sangaji, di kawasan Harmoni.

Kedua korban dan pelaku kemudian dibawa ke Polres Jakarta Pusat, dan segera diperiksa di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak. Pelaku dikenai Pasal 281, tentang pelecehan.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024