Berbagai Modus Kejahatan Selama Puasa

Perampok beraksi
Sumber :

VIVAnews - Menjelang bulan puasa, aktivitas warga untuk berbelanja kebutuhan pokok dan keperluan lainnya terus meningkat. Kesempatan ini tentunya bisa dijadikan peluang bagi para pelaku kejahatan untuk menjalankan aksinya.

Sejumlah aksi kejahatan selama puasa hingga Lebaran tetap akan terjadi dengan cara dan modus yang bervariasi. Salah satunya adalah kejahatan pencurian kendaraan bermotor yang terjadi saat salat tarawih hingga menjelang salat subuh.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Selain itu kejahatan dengan modus pembiusan yang mengicar para pemudik yang hendak pulang kampung, menjadi salah satu kejahatan yang paling marak pada saat mudik lebaran.

Modus lainnya, yakni perampokan dengan berpura-pura bertamu atau menawarkan jasa service AC dan peralatan rumah tangga. Modus ini biasanya mengincar rumah yang ditinggalkan majikannya dan hanya dijaga oleh pembantu.

Tapi tak kalah mengerikan adalah perampokan yang menggunakan senjata api yang mengincar para nasabah bank. Seperti yang dialami Yadi, 35 tahun, nasabah Bank Negara Indonesia (BNI) di Rawamangun di Jakarta Timur. Dia dirampok di perempatan lampu merah Kelapa Hybrida, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu, 4 Agustus 2010 pukul 12.30 WIB.

Akibatnya, tas berisi uang Rp82 juta  untuk pembayaran gaji karyawan perusahaan tempat Yadi bekerja di perusahaan garmen Kawasan Berikat Nusantara Cakung Jakarta Utara raib.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Boy Rafli Amar, 5 Agustus 2010, mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap aksi kejahatan yang ditenggarai meningkat jelang bulan puasa.

"Aktivitas warga menjelang bulan puasa lebih tinggi, seperti berbelanja atau mengambil uang di Bank dan ATM," ujarnya kepada wartawan.

Boy juga berpesan agar warga tidak mudah percaya dengan orang yang belum dikenal, bahkan hanya sekedar untuk memberikan pertolongan.

"Modus kejahatan kian canggih dan beragam bahkan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional," pesan Boy.

Modus kejahatan juga kian bervariatif terutama menjelang mudik lebaran. Dimana kejahatan akan tertuju pada setiap terminal bus dan stasiun. Modusnya dengan membius korban, melalui minuman atau makanan yang diberikan pelaku secara cuma-cuma akan meningkat jumlahnya jelang lebaran.

Bukan hanya bius, kawan copet dan jambret juga wajib diwaspadai para pemudik. Selain itu, target kawan penjahat juga tertuju pada rumah yang ditinggal oleh pemiliknya mudik. Dia menghimbau setiap pemudik lebih waspada dan memastikan rumah yang ditinggali sudah terkunci.

Pastikan juga rumah dititipkan ke salah satu penjaga agar tidak kosong. "Rumsong akan jadi sasaran utama pejahat di H-5 sampai H+5," tegas Boy. (adi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024