Agar Jera, Bos Pengemis Diseret ke Pengadilan

Pemukiman Padat Penduduk
Sumber :
  • Vivanews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Pemerintah DKI Jakarta akan fokus untuk menyisir kantong-kantong pengemis di Ibukota untuk menelusuri keberadaan koordinator mereka.

"Kita mengarahkan agar koordinator pengemis bisa dijerat hukum," ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta, Effendi Anas, Rabu 11 Agustus 2010.

Menjerat para koordinator pengemis dengan aturan hukum, menurut Effendi, merukapakan hal yang mungkin dapat dilakukan. Selain itu juga untuk memberikan efek jera bagi pelakunya.

"Itu delik aduan, jadi bisa saja dijerat. Efek jera juga harus diberikan," ujarnya lagi.

Target operasi adalah rumah kontrakan di pemukiman kumuh. Tempat seperti itu ditengarai banyak ditinggali para pengemis dari luar Jakarta selama puasa.
 
Pemerintah DKI Jakarta juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk bekerja sama melakukan penertiban. Dinas sosial juga telah menyiapkan panti tambahan untuk mengantisipasi membludaknya jumlah pengemis yang terjaring.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

"Selama penyisiran, kawasan PMKS terbilang sedikit jumlahnya. Ada penurunan jumlah PMKS di Jakarta," ujar Effendi lagi.

Data operasi pada 2009, tahun lalu. Sedikitnya 11.338 orang terjaring razia. Tapi, ternyata pada 2010 ini para pengemis masih tetap kembali ke Jakarta. Hingga pertengahan tahun saja, kata Effendi, aparat Satpol PP telah menertibkan sebanyak 1.507 orang. (adi)

Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024