Buah Khas Ramadan Mulai Ramai Dijual

Petani memanen timun suri, buah yang laku keras di bulan puasa
Sumber :
  • Antara/ Arif Firmansyah

VIVAnews - Seiring masuknya awal bulan puasa, suasana sejumlah pasar tradisional di Jakarta mulai disemarakkan dengan aneka buah-buahan khas bulan puasa yang dijajakan para pedagang.

Seperti buah Timun Suri, Belewah, Kolang-kaling dan kurma. Memang buah-buahan ini merupakan pilihan favorit warga Jakarta untuk sajian berbuka puasa.

Di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, tampak beberapa pedagang dengan menggunakan gerobak di tepi jalan depan pasar mulai menjajakan buah timun suri yang ranum dan menguning.

"Satu buah harganya Rp7 ribu" ujar seorang pedagang bernama Rofik sambil menunjuk satu timun suri berukuran sedang, Rabu, 11 Agustus 2010.

Menurutnya, harga buah timun suri relatif sesuai ukuran, berkisar Rp5 ribu hingga Rp10 ribu rupiah.

Selain itu, buah khas Ramadan lain yang dijajakan adalah buah kolang kaling. Buah berbentuk bulat lonjong bening ini cukup digemari masyarakat untuk dijadikan hidangan berbuka.

"Per kilonya sekarang Rp10 ribu" ujar pedagang bernama Amin.

Menurut Amin, sepekan sebelum Ramadan, harga kolang-kaling masih berkisar Rp8 ribuan. Namun menjelang masuk bulan Ramadan, harganya merangkak naik hingg Rp10 ribu hingga Rp12 ribu.

Sementara itu, buah-buahan khas Arab Saudi juga mulai marak dijajakan di pasar tradisional Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Tampak di sepanjang jalan KH Mas Mansyur Tanah Abang mulai dipadati sejumlah pedagang kurma. Mereka menjajakan aneka kurma dengan kualitas buah yang beragam.

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

"Harga berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu perkilonya" ujar seorang pedagang di tengah riuh lalu litas Tanah Abang. (adi)

bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024