Dua Napi Paledang Kabur Saat Jumatan

Menkumham Patrialis Akbar Meninjau Lapas Paledang
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVAnews – Dua tahanan Lembaga Pemasyaratan (Lapas) Paledang, Kota Bogor, Jawa Barat, berhasil kabur dengan cara memanjat kawat. Mereka berhasil mengelabui petugas sipir yang menunaikan Salat Jumat.

Kedua tahanan Lapas Paledang yang berhasil melarikan diri tersebut, bernama, Rojali (28) dan Mukhtar (25). Keduanya, warga Jati Padang RT 13/06, Jati Padang, Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Menurut Kepala Lapas Paledang, Suwarso, kedua tahanan yang terkena kasus pasal 363 dan hukuman 18 bulan penjara itu berhasil kabur setelah memanjat genteng dan lalu menerobos kawat dan melompat ke balik dinding penjara sekitar pukul 12.30 WIB, Jumat 13 Agustus 2010.

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife

Mereka melarikan diri memanfaatkan momen tahanan dan petugas Lapas lainnya sedang menunaikan Salat Jumat.

Saat azan dan khutbah dimulai, dua tahanan itu masih berada di dalam masjid, duduk di saf belakang. Rupanya, kata Suwarso, saat tahanan dan petugas Lapas lainnya menunaikan Salat Jum’at, keduanya keluar dari barisan. Mereka melarikan diri dengan cara memanjat kawat dan kemudian naik ke atas genteng terus loncat.

“Kedua tahanan itu diketahui kabur sekitar pukul 14.00 WIB, saat kami hendak melakukan apel upacara siang. Setelah dicek satu persatu, dua tahanan yang bernama Rojali dan Muktar tidak ada di barisan upacara," ujar Suwarso.

Petugas Lapas bersama tahanan yang lain langsung mencari dua tahanan itu di setiap kamar dan tempat-tempat yang berada di dalam Lapas. Ternyata nihil.

Lalu petugas mengecek genteng dan pagar yang di puncaknya berkawat. Petugas Lapas menemukan peci dan sarung milik dua tahanan itu berada di atas genteng.

“Setelah kejadian dua tahanan ini kabur, kami akan memperketat keamanan di Lapas Paledang,” kata Suwarso. Hingga saat ini petugas Kepolisian dari Polres Kota Bogor masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Laporan Ayatullah Humaeni | Bogor

Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024