Mudahnya Memiliki Senjata Api

Senjata Api
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Arif

VIVAnews - Tren penggunaan senjata api oleh pelaku kejahatan terus meningkat. Bahkan di kalangan pemain narkoba pun senjata api akan memberikan perlindungan saat polisi menggerebek mereka.

Kepemilikan senjata api ilegal seakan menjadi barang yang mudah dapat dan dimiliki oleh masyarakat, layaknya sebuah handphone.

Selain harga yang relatif terjangkau dan lemahnya pengawasan terhadap senjata api ilegal, teknik pembelian pun dibuat mudah. Bahkan secara terang-terangan melalui situs yang membuat para pelaku kejahatan dapat memperoleh senjata api dengan mudah untuk modal mereka melakukan kejahatan.

Salah satu contohnya, warga dapat melakukan transaksi senjata api melalui situs gudangsenjata.com yang belakangan diawasi secara ketat oleh polisi.

Kepala Satuan Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak (Wassendak), Ajun Komisaris Besar Didi mengatakan umumnya pelaku menggunakan senjata rakitan berstandar organik. Senjatanya rakitan tapi memilik standar organik seperti peluru yang digunakan.

Kepala Satuan Kejahatan dan Kekerasan Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Nico Afinta mengatakan, untuk mengantisipasinya pihaknya tengah melakukan pemantauan di beberapa wilayah yang diketahui menjadi lokasi pembuatan senjata mematikan itu. Misalnya di Bandung dan Lampung.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, penelusuran, penyelidikan, pengawasan terhadap perdagangan gelap senjata api terus dilakukan.
Menurut Boy, peran petugas dari pelabuhan untuk melakukan pengawasan ketat harus ditingkatkan, mengingat negara kita terdiri atas kepulauan yang dapat menjadi akses masuk penyelundupan senjata api.

Berdasarkan data di Polda Metro Jaya, selama bulan Agustus 2010 ini tercatat setidaknya 5 peristiwa perampokan menggunakan senjata api terjadi di Jakarta, Bekasi dan Depok. Kasus terbesar terjadi 6 Agustus 2010 bertepatan dengan waktu salat Jumat.

Ketika itu sebanyak 14 perampok bersenjata api yang mengendarai 7 sepeda motor berhasil menjarah tiga toko emas di Pasar Bukit Duri Tebet, Jakarta Selatan. Para pelaku berhasil melarikan diri setelah mengumbar tembakan.

Selain itu, Polda Metro Jaya mengungkap jaringan perdagangan senjata api ilegal di wilayah Cikokol, Jatiuwung, Tangerang, Rabu 26 Agustus 2010. Tiga pucuk senjata api jenis FN Browning HL Power Outomatic dan mengamankan beberapa pelakunya, satu orang berinisial SY telah ditetapkan sebagai tersangka.

Tak berhenti sampai disitu, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya membongkar Home industri shabu dan ekstasi di Apartemen A Mitra Bahari Kamar Nomor 1203 Lantai 12 Penjaringan, Jakarta Utara. Di lokasi petugas juga berhasil mengamankan tiga pucuk senjata api jenis shoot gun milik tersangka Tjetjep Setiawan alias Asiong.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House

Thailand Prime Minister Srettha Thavisin welcomed an extraordinary visitor at his offices, an enormous white buffalo named Ko Muang Phet.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024