METRO

Pemudik di Terminal Jakarta Mulai Meningkat

Para pemudik yang rata-rata tujuan Jawa Barat terlihat sejak pagi hari.

ddd
Senin, 6 September 2010, 09:56 Eko Priliawito, Sandy Adam Mahaputra
 
  (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Pada H-4 jelang hari raya Idul Fitri, sejumlah terminal sudah mulai dipadati pemudik. Bahkan, para penumpang sudah memenuhi terminal sejak Minggu dini hari. Kepala Terminal Kampung Rambutan Silvana menuturkan bahwa pada H-5 kemarin  para pemudik sudah terlihat memadati terminal. Para pemudik yang umumnya mudik ke Jawa Barat tersebut terlihat sejak dini hari.

"Karena untuk diterminal Kampung Rambutan kebanyakan untuk pemudik jarak menengah," katanya. Namun, kepadatan yang terjadi kemarin masih bisa dibilang cukup normal. Dia memperkirakan kepadatan mencapai puncak pada H-2.

Menurutnya, kebanyakan calon penumpang yang akan mudik melalui terminal Kampung Rambutan adalah pedagang. Dan mereka umumnya masih menunggu hingga mendekati hari raya. Para penumpang di terminal yang terletak di Jakarta Timur kebanyakan mudik ke Subang, Sumedang dan kota-kota lainnya di kawasan Jawa Barat.

Arus mudik di Terminal Kampung Rambutan sudah mulai terlihat sejak H-7. Pada saat itu, terminal Kampung Rambutan sudah memberangkatkan 520 bus dengan total penumpang 5.433 orang. Sementara pada H-6, terminal sudah memberangkatkan 608 bus dengan jumlah penumpang 9.819 orang.

Sementara data pada H-5 dari sift satu yaitu keberangkatan mulai pukul 07.00-13.00 WIB diberangkatkan  215 dengan 4.323 penumpang. Sementara, hasil uji petik yang dilakukan kemarin.

Petugas di terminal kampung Rambutan cukup tegas dalam hal mudik ini . Sudah empat bus yang dipulangkan ke pollnya, dilarang berangkat karena  tidak layak jalan dan membahayakan.

Berdasarkan data tahun 2009, pada hari puncak, Terminal Kampung Rambutan memberangkatkan 750 bus dengan jumlah penumpang mencapai 32.415 orang. Untuk tahun ini, pada puncak arus mudik juga diperkirakan sama seperti tahun lalu.

Sementara, diterminal Lebak Bulus juga sudah mulai dipadati. Kepala  Terminal Lebak Bulus Ferdinan Karel Wowor mengakui, lonjakan penumpang sudah mulai terlihat.
Dari data yang dimiliki sejak H-7 ada 290 pemberangkatan dengan total penumpang 4.900. Sementara untuk H-6 ada 361 dengan 8.508 penumpang. Sementara, untuk H-5 belum ada data.

"Sampai kemarin baru delapan bus tambahan yang diberangkatkan," tuturnya.

Sementara Humas BNP DKI Jakarta Rahman Chaerudin mengatakan, kemarin ada tiga orang supir yang dinyatakan menggunakan ganja.

"Kami temukan ada unsur ganja di urinenya, mereka langsung dibawa ke Polres Jakarta Selatan," katanya. Namun, dari pengakuannya mereka hanya mengkonsumsi minuman energi. Tetapi, pihaknya tetap memintai keterangan dari mereka.

Sementara itu, Kepala Terminal Pulogadung HM Nur mengatakan, hingga kemarin terminal pulogadung masih belum terlampau padat. Namun, dia mengakui sudah ada peningkatan penumpang. Puncak arus mudik dari Terminal Pulogadung terjadi pada tiga hari sebelum Lebaran.

"Prediksi sepertinya H-2 atau H-3, walau pada Minggu ini kepadatan mulai terjadi," katanya.

Berdasarkan data arus mudik tahun lalu dari terminal itu, puncak arus mudik terjadi pada H-3 jumlah pemberangkatan 13.635 orang serta 319 bus reguler dan 25 bus cadangan.

"Posko-posko juga sudah kami siapkan, semua yang membutuhkan pelayanan silahkan langsung datang ke posko," katanya.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com