Pindah Ibukota Negara

Dukung Jonggol Ibukota, Bogor Bangun Tol Baru

jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) di Kedunghalang, Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVAnews – Dalam waktu dekat, rencana pembangunan jalan Poros Timur – Tengah sepanjang 26 kilometer terkait wacana pemindahan Ibukota Negara ke Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, akan disampaikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Demikian dinyatakan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, Selasa, 21 September 2010.

Rachmat menambahkan tujuan dari pembangunan Poros Timur – Tengah yaitu mendukung akses antar wilayah yang selama ini dirasa kurang memadai. “Jadi, ini juga merupakan jalan alternatif ke Bekasi (kawasan Delta Mas) dan Puncak.” 

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda) Kabupaten Bogor, Muhammad Zairin, mengungkapkan proyek ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah dalam mendukung gagasan membangun Jonggol menjadi Ibukota menggantikan Jakarta.

Jalan Poros Timur – Tengah, kata Zairin, akan melintasi empat kecamatan, yaitu mulai dari Sukamakmur, Jonggol, Cariu, hingga Tanjungsari. Adapun anggarannya, lanjut Zairin, akan diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Lebih lanjut dikatakan, proyek jalan Poros Timur – Tengah - yang rencananya direalisasikan mulai awal 2011- diharapkan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat. Selain itu juga, katanya, untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Wacana Jonggol sebagai Ibukota baru, telah muncul sejak masa pemerintahan Orde Baru. Wacana ini hidup lagi setelah beberapa bulan ini sejumlah politisi dan pengamat tata kota mengusulkan kembali pemindahan Ibukota. (hs)

Laporan | Ayatullah Humaeni | Bogor

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Pemain Persikabo 1973

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Persikabo 1973 menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 musim 2023/24. Hal tersebut dipastikan usai Laskar Padjadjaran dihajar Persik Kediri 2-5.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024