Seks Paskibraka, Disorda Harus Minta Maaf

Upacara HUT RI
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf/

VIVAnews - Dinas Pemuda dan Olahraga (Disorda) Provinsi DKI Jakarta didesak untuk menyampaikan permintaan maaf dan menjelaskan kejadian kekerasan dan pelecehan pada pelatihan Paskibraka 2010, kepada masyarakat umum.

Desakan permintaan maaf kepada masyarakat itu diharapkan segera dilakukan agar masyarakat dan orangtua korban yakin persoalan ini akan selesai.  Permintaan maaf itu juga bertujuan agar tidak ada ketakutan dari calon Paskibraka selanjutnya.

"Minta maaf dan selesaikan secara tuntas. Sampaikan kepada public supaya jelas. Agar calon anggoa tidak takut, dan orangtua yakin kasus ini selesai," ujar Kepala Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Hadi Supeno, Kamis 23 September 2010.

Desakan untuk menyampaikan permintaan maaf ini dilakukan KPAI setelah mendengarkan keterangan Disorda terkait kasus tersebut.

Dalam penjelasannya kepada KPAI, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta, Saeffulah mengakui kalau secara formal mereka bertanggungjawab atas kejadian ini.

Disorda juga mengaku kecolongan atas kejadian ini karena tidak melakukan pengawasan. Menurut Saeffulah, Disorda merasa telah bekerja sama dengan PPI selama bertahun-tahun.

"Kejadian itu terjadi hingga delapan kali. Ini jelas karena Disorda lengah dan tidak melakukan pengawasan," ujar Hadi lagi.

Dalam petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelatihan paskibraka, lanjut Hadi, pada Bab V poin VI mengenai saksi bagi perserta, pelatihan berhak melakukan penamparan dan pemukulan.
"Sangat disesalkan kenapa hal ini bisa lepas dari pengawasan," ujar Hadi.

Informasi pelecehan seksual itu beredar setelah orangtua para anggota putri Paskibraka yang  diduga mendapatkan tindak kekerasan dan pelecehan seksual dari seniornya mengadu ke KPAI dan membukanya kepada publik.

Jumlah korban tindakan pelecehan seksual dan kekerasan itu sebanyak 14 anggota Paskibra putra dan putri.

Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Metro Jaya juga telah memintai keterangan korban dan segera memanggil Disorda terkait kejadian ini.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya
Grup K-Pop BTS

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Di antara berbagai grup dan artis Kpop yang meraih popularitas global, BTS (Bangtan Sonyeondan atau Beyond The Scene) telah memperoleh tempat yang istimewa.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024