Anggota Paskibraka Diminta Push Up Bertumpuk

Push up yang dilakukan Paskibraka DKI
Sumber :
  • Dokumen sumber

VIVAnews - Pengakuan kekerasan pada pelaksanaan pelatihan Paskibrakan DKI Jakarta angkatan 2010 juga disampaikan korban putra.

Dalam dokumen pengakuan para korban yang didapatkan VIVAnews, setelah lolos seleksi, seluruh calon anggota putra Paskibraka DKI Jakarta, dikumpulkan di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 3 Juli 2010.

Peserta kemudian dikumpulkan di kantor institusi pemerintah dekat GOR Someantri untuk sarapan. Kemudian seluruh barang bawaan mereka dikumpulkan senior.

Seluruh peserta kemudian dibawa ke Cibubur menggunakan bus dengan mata tertutup dengan menggunakan handuk.

Setelah tiba, peserta langsung mendapat sambutan dengan perintah jalan jongkok sebagai tradisi selamat datang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan tensi.

Mereka kemudian diminta untuk push up dan baru dapat berhenti setelah menetes 20 keringat. Kejadian ini berlanjut dengan gulingan, jungkir balik, dan merangkak di lapangan rumput.

Pada sekitar pukul 14.00-15.00 WIB, calon Paskibraka putra diminta untuk membuka seluruh pakaian mereka. Mereka kemudian dikumpulkan dan berbaris di depan pintu kamar mandi.

Di sela-sela mereka mandi, sejumlah senior memerintahkan mereka untuk melakukan push-up dingin. Ini dilakukan dalam keadaan tanpa busana dan bertumpuk hingga empat orang, sambil disirami air.

"Ini dia yang namanya push up dingin, enak nggak," ujar korban menirukan ucapan senior mereka.

Pada hari kedua dan ketiga pada saat mandi siang dan sore kejadian serupa tetap terjadi. Para peserta selalu menuju ke kamar mandi dalam keadaan tanpa busana.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Hadi Supeno, memastikan kesaksian ini memang benar adanya. Keterangan ini disampaikan orangtua korban kepada KPAI. Karena itu KPAI mendesak Dinas Olah Raga Daerah DKI Jakarta untuk bertanggungjawab dan meminta maaf. (adi)

Top Trending: 4 Perempuan Pernah Jadi Istri Ari Sigit, Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar

Baca Juga:

Ini Dia Tuduhan Terhadap Poppy Darsono

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Kisah Penganiayaan Oleh Anggota DPR Fraksi Demokrat

Pintu Masuk Diminta Ditutup, Ini Sikap Pejaten Village

Ramalan Zodiak Kamis 25 April 2024, Libra Lajang Bertemu Seseorang Istimewa
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024