Jangan Takut, MRT Tak Akan Seperti Busway

Salah satu moda MRT di Malaysia
Sumber :
  • panoramio.com

VIVAnews - Waktu operasional bus Transjakarta yang hanya dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB kerap dikeluhkan warga Jakarta. Namun keluhan waktu operasional yang terbatas ini tidak akan terjadi pada mass rapid transit (MRT) yang akan beroperasi pada 2016 ini.

Presiden Direktur PT MRT Jakarta Tribudi Rahardjo kepada VIVAnews, menyatakan, jam operasional MRT ini akan lebih panjang dari bus Transjakarta. "MRT akan beroperasi sejak pukul 05.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB," kata Tribudi.

Nantinya, kata Tribudi ada 17 rangkaian kereta. Satu satu rangkaiannya ada 6 gerbong. Satu gerbong bisa menampung 250 orang. "Jadi sekali tarik bisa mengangkut 1.500 orang," katanya.
 
Bahkan pada jam sibuk, kata Tribudi, yakni pukul 05.30 - 08.30 WIB dan pukul 16.30 - 18.30 WIB bisa mengangkut 54 ribu penumpang. "Per harinya MRT bisa mengangkut 340 ribu penumpang," katanya.

Tarif mass rapid transit (MRT) akan Rp 12 ribu untuk sekali jalan untuk jarak yang terjauh. Jarak yang terjauh untuk koridor satu adalah dari Lebakbulus menuju Dukuh Atas.

"Tarifnya memang belum diputuskan. Tapi sempat ada perhitungan antara Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu. Namun setelah perhitungan pengembalian investasi diperkirakan Rp 12 ribu untuk jarak yang terjauh," kata Tribudi.

Tribudi menyebutkan, untuk tarif antara satu stasiun dengan stasiun lain akan dipatok Rp 1.000 hingga Rp 1.200. "Tarif itu akan berlaku pada 2016 saat MRT sudah beroperasi," kata Tribudi.

Tarif antar stasiun itu dipatok karena akan ada 13 stasiun yang akan didirikan. Tapi 13 stasiun ini untuk pembangunan tahap pertama yakni rute Lebakbulus - Bundaran HI. Namun sebagai titik sentral stasiunnya adalalah Stasiun Dukuh Atas di Jakarta Pusat.

Stasiun Dukuh Atas akan dijadikan sebagai stasiun penghubung, kendati jalur mass rapid transit (MRT). Stasiun Dukuh Atas tetap menjadi titik sentral pertemuan antar moda transportasi massal.

Lalu dimana sajakah 13 stasiun MRT? Tujuh terminal terletak antara Lebak Bulus dan Blok M berada di permukaan tanah.  Enam lainnya, mulai dari Al Azhar hingga Bundaran Hotel Indonesia, berada di bawah tanah atau subway.

Dia menjelaskan, pembangunan jaringan MRT di Jakarta terbagi menjadi dua koridor, yakni koridor satu dengan jalur Utara-Selatan, terbentang mulai dari Lebakbulus hingga Kampung Bandan. Lalu, koridor dua dengan jalur Timur ke Barat, terbentang mulai dari Balaraja hingga Cikarang.

Cole Palmer Jadi Pusat Perhatian Jelang Man City vs Chelsea
Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah dan Wali Kota Bogor Bima Arya

Kementan Lepas Ekspor Komoditas Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Kementan lepas ekspor komoditas kelor 21 ton ke Cina, komoditas kelapa 33 ton ke Yordania, komoditas teh 200 kilogram ke Turki dan Rusia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024