48 Tahanan Imigrasi Kabur, Salah Penjaga

Warga Singapura, Hendrawan, divonis karena palsukan dokumen imigrasi di Malang
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto

VIVAnews - Sebanyak 48 tahanan imigrasi di Rumah Detensi Imigrasi, Kalideres, Jakarta Barat, kabur. Mereka kabur Selasa dini hari, 12 Oktober 2010. Sebelum kabur para tahanan ini menerima tamu. Anehnya sang tamu datang dini hari, di luar jam besuk.

"Empat orang berhasil diamankan, namun 48 lainnya masih dicari," kata Kepala Rumah Detensi Imigrasi Effy Novrie, Jakarta Barat, Selasa 12 Oktober 2010.

Dari 48 yang kabur itu, 26 orang warga Afghanistan, 14 warga Irak, 4 dari Nigeria, 1 asal Bangladesh, dan 3 dari Srilanka. Tahanan yang kabur itu adalah mereka yang ditempatkan di aula Rumah Detensi.

Para tahanan itu ditempatkan di aula lantaran rumah tahanan imigrasi sudah penuh.  Rumah tahanan khusus untuk imigran gelap hanya berkapasitas 120 orang.  Tapi jumlah tahanan di sana 161 orang.

Mereka yang ditempatkan di ruang aula mencapai 52 orang. Mereka inilah yang kabur dan melarikan diri. Untung saja empat orang berhasil dibekuk.

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

Sebelum para tahanan itu kabur, seorang tamu datang menjenguk. Tamu itu datang di luar jam besuk yakni sekitar pukul 01.30 WIB.

"Usai dijenguk, saat hendak dibawa kembali ke aula tempat mereka ditempatkan tiba-tiba para warga asing yang di aula mendorong petugas yang jumlahnya enam orang, dan akhirnya kabur," kata Effy.

Saat ini, pihaknya menduga ada kelalaian enam petugas yang berjaga saat itu. Karena menjenguk tahanan di luar jam besuk itu dilarang. "Ini memang ada kelalaian dari para petugas. Enam petugas sudah diperiksa. Nanti biar Kanwil Jakarta yang memutuskan," ujarnya.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

Pesan Widodo Untuk Pemain Arema FC Usai Kalah Dari Rival 

Arema FC harus menelan malu usai kalah dari tim rival Persebaya. Singo Edan menyerah 0-1 pada laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024