DKI Bangun Kereta Api Serpong Line

Kereta Api Listrik (KRL) eks Jepang pesanan PT KAI
Sumber :
  • www.kereta-api.com

VIVAnews - Pemerintah DKI akan merevitalisasi moda transportasi umum kereta api Serpong Line sepanjang 24 kilometer. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengeluarkan anggaran hingga Rp1,5 triliun untuk pembangunan proyek ini.

Anggaran itu untuk memperbaiki stasiun, pembuatan stasiun baru, pemagaran, pembuatan underpass, flyover, pemasangan sinyal, pembuatan sistem ticketing baru, shortcut dan persiapan akhir.

"Kami dukung karena punya daya angkut yang besar. Ini usulan konkrit, maka kita akan fokus mengembangkan Serpong Line," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Kamis 28 Oktober 2010.

Jalur kereta Serpong Line akan melintasi kawasan yang memiliki daya angkut tinggi, mulai dari Bintaro ke Tanah Abang kemudian ke Manggarai.

Kereta ini diharapkan juga dapat mengalihkan pengguna kendaraan pribadi yang selama ini memadati lalu lintas. "Kita ingin feeder yang efektif sehingga Serpong line bisa mengangkut penumpang dalam jumlah besar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) Azas Tigor Nainggolan mengatakan, pihaknya telah memberikan usulan konkrit kepada Pemerintah DKI terkait pembangunan Serpong line ini. Proyek ini ditargetkan selesai dalam satu tahun.

Diprediksi akan ada peningkatan daya angkut penumpang hingga tiga kali lipat dari sekarang. Dari 10 ribu penumpang per hari, bisa meningkat hingga 30 ribu penumpang.

Polri Sebut Angka Kecelakaan Mudik Lebaran 2024 Turun 12 Persen
Wakil Ketua Umum Gerindta sekaligus Waka Komisi III DPR RI, Habiburokhman

Soal Sandiaga Kunjungi Rumah Prabowo, Gerindra Sebut Ada Gestur Politik

Menurut Habiburokhman, makna politiknya adalah semangat rekonsiliasi.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024