Cara Menghadapi Pemalsuan Kartu Kredit

Kartu kredit
Sumber :

VIVAnews - Satuan Fiskal, Moneter dan Devisa, Direktorat Kriminal Khusus, Kepolisian Daerah Metro Jaya meminta kepada nasabah pengguna kartu kredit untuk selalu pengecekan tagihan untuk menghindari pembobolan.

Kepala Satuan Fiskal, Moneter, dan Divisa, Ajun Komisaris Besar Aris Munandar mengatakan, nasabah harus selalu menaruh rasa curiga bila tagihan kartu kredit mereka ada yang tidak wajar, atau naik secara drastis.

"Bila ada yang tidak wajar segera lapor polisi, agar segera diblokir," ujarnya saat dihubungi VIVAnews, Selasa 2 November 2010.

Sementara pemalsuan paling mungkin dilakukan pelaku modus ini kepada bank besar baik itu bank pemerintah, swasta, maupun bank asing.

Dari data yang ada pada polisi, paling banyak pelaku kejahatan melakukan pemalsuan terhadap kartu kredit BNI, BII, Danamon, Bank of America dan Panin Bank.

Sebelumnya, polisi telah menangkap empat pelaku pemalsu kartu kredit dengan barang bukti 266 kartu kredit dari berbagai bank.

Pelaku kejahatan modus ini, kerap menjalankan aksi mereka secara berkelompok. Dari mulai pemalsu data, pemalsu kartu, sampai pelaku yang melakukan transaksi dengan menggunakan kartu palsu.

Komplotan pembobol yang ditangkap polisi adalah ES, OH, PSW, dan YM. Mereka ditangkap aparat di Jakarta dan Bandung.

Aparat mengamankan barang bukti di antaranya 266 kartu kredit palsu dari sejumlah bank nasional dan internasional, notebook Toshiba, dan 31 KTP palsu milik keempat tersangka. (adi)

PLN Sebut Tak Semua Tiang Listrik Bisa Dijadikan SPKLU Kendaraan Listrik, Ini Alasannya
Prabowo jelang keberangkatan ke KPU untuk penetapan Presiden terpilih

Harapan Prabowo Jelang Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih 2024 di KPU

Prabowo Subianto memberikan pernyataannya menjelang penetapan dirinya sebagai Presiden terpilih 2024 di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024