Pemprov DKI Sumbang 653 Hewan Kurban

Kambing kurban
Sumber :
  • Surabaya Post

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun ini kembali menyalurkan daging kurban kepada para mustahik di seluruh wilayah DKI Jakarta. Pembagian daging kurban dilakukan melalui kantor-kantor kelurahan.

Usai sholat Idul Adha, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, menyerahkan satu ekor sapi sumbangan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kepada Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pusbinroh BKD DKI, HM Hafiz. Selanjutnya hewan tersebut akan dipotong di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Cakung, Jakarta Timur milik PD Dharma Jaya.

Selain itu, Fadjar juga menyerahkan alat-alat kesehatan kepada lima petugas kesehatan hewan kurban dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) serta Dinas Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Mereka mewakili 750 petugas kesehatan yang akan langsung turun ke lapangan untuk memeriksa kesehatan dan kelayakan hewan kurban sekaligus memastikan apakah telah memenuhi syarat untuk disembelih berdasarkan hukum Islam.

Pemprov DKI juga sudah memberikan imbauan kepada pengelola mesjid, tempat-tempat pemotongan, kantor kelurahan dan lembaga keagamaan lainnya agar mempersiapkan penyelenggaraan pembagian daging kurban dengan baik dan aman.

Daging kurban tersebut dibagikan dengan mekanisme pembagian kupon dan pengambilan daging secara kolektif dengan sistem antrean di tempat masing-masing.

Fadjar menjelaskan pembagian hewan kurban ini diorganisir sebaik-baiknya untuk menghindari kerusuhan pada saat warga antri untuk menerima daging kurban.

"Jumlah hewan kurban yang disalurkan sangat cukup untuk para mustahik di Jakarta. Bahkan Pemprov DKI meningkatkan jumlah hewan kurban yang akan dibagikan tahun ini dibandingkan tahun lalu," kata Fadjar usai Sholat Idul Adha di Balaikota DKI Jakarta, Rabu 17 NOvember 2010.

Nantinya hewan kurban yang dibagikan Pemprov DKI Jakarta akan disalurkan ke kantor-kantor kelurahan dan 25 yayasan sosial atau panti asuhan sosial yang ada di DKI Jakarta.

Total hewan kurban yang disalurkan tahun ini oleh Pemprov DKI Jakarta sebanyak 653 hewan kurban terdiri dari 180 sapi dan 473 kambing. Jumlah tersebut sumbangan dari Balaikota DKI sebanyak 19 sapi dan 48 kambing.

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik

Pemerintah Kota Administrasi (Pemkot) Jakarta Pusat juga menyumbang sebanyak 15 sapi dan 83 kambing, Pemkot Administrasi Jakarta Selatan sebanyak 18 sapi dan 49 kambing, Pemkot Administrasi Jakarta utara 13 sapi dan 40 kambing, Pemkot Administrasi Jakarta Timur sebanyak 24 sapi dan 35 kambing, dan Pemkot Administrasi Jakarta Barat sebanyak 15 sapi dan 99 kambing

Diantaranya, sebanyak 3 sapi dan 25 kambing akan dipotong di RPH Cakung, Jl Raya Penggilingan, Jakarta Timur untuk dibagikan pada para mustahik di beberapa wilayah DKI.

Pada hari sebelumnya juga sudah dilakukan pemotongan hewan kurban yang dikemas menjadi 1.500 kantong masing-masing berisi 1,5 kg daging dan akan disalurkan kepada penghuni yayasan sosial dan panti asuhan dibawah Dinas Sosial DKI Jakarta.

Daging kurban juga akan dibagikan ke pegawai non organik Balaikota DKI Jakarta. Selebihnya, akan dibagikan kepada para mustahik melalui kantor-kantor kelurahan di enam wilayah DKI Jakarta.

Polisi Periksa 21 Saksi Terkait Kasus TPPU yang Jerat Ahli Nuklir UGM
Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024