Bagikan Daging Kurban, Istiqlal Tiru Pemilu

Antre Daging Kurban di Masjid Istiqlal
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Panitian pemotongan hewan kurban Masjid Istiqlal, Jakarta, telah mengantisipasi dan yakin pembagian daging kepada masyarakat tidak mampu yang ada di Jakarta akan berjalan dengan lancar.

Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar dengan Rekor Mengerikan Korea Selatan

Caranya, membuat mekanisme pembagian daging kurban seperti pemilu. Nantinya setiap orang yang telah mengambil jatah daging, harus mencelupkan jari mereka pada tinta.

Selain akan memberlakukan sistem yang ketat dan pembagian antrean bagi lelaki dan wanita, ada tiga pos yang harus dilalui untuk memperoleh daging kurban.

Setiap orang harus mengantre masuk untuk mendapatkan kupon pengambilan daging dari sisi barat atau pintu Al Fatah dan keluar pada sisi selatan.

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Kemudian berjalan menuju areal yang terbagi menjadi lima loket untuk mengambil jatah daging kurban. Setelah daging sudah diterima, jari tangan mereka akan dicelupkan tinta sebagai penanda, dan keluar areal masjid.

Menurut Sekretaris Masjid Istiqlal, Subandi, pemotongan hewan akan dilakukan pada malam hari. Butuh waktu delapan jam untuk proses potong dan packing. Baru pada siang hari daging dibagikan kepada masyarakat.

"Abis salat Isya mulai disembelih, kemudian siang hari bagi dibagikan," ujar Subandi, Rabu 17 November 2010.

Ada 72 ekor sapi dan 318 ekor kambing, yang akan disembelih pada Idul Adha kali ini. Hewan tersebut antara lain dari Presiden Susilo Bambang Yudhono, Wapres Boediono, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, Wagub Prijanto.

Menurut perhitungan, dari jumlah hewan yang dipotong hari ini, ada sekitar 5.000 kantong plastik daging kurban yang beratnya 1 kg per kantong.(umi)

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
Khofifah melantik Dr Bakhrul Khair Amal sebagai Ketua Pengurus IKA UNAIR Wilayah Sumatera Utara periode 2021-2025

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Mantan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengaku optimis kalau jejaring antar alumni UNAIR (Universitas Airlangga) bakal membawa banyak kemanfaatan untuk alma

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024