Alasan Foke Bangun Jalan Layang Casablanca

Maket jalan layang Casablanca
Sumber :
  • Dokumen Dinas PU DKI

VIVAnews - Pembangunan jalan layang non tol Antasari-Blok M dan Kampung Melayu-Tanah Abang merupakan salah satu upaya untuk pengalihan lalu lintas saat pembangunan Mass Rapid Transportasion (MRT) dilaksanakan pada akhir 2011. Saat ini pelaksanaan trafic management during construction sedang disiapkan.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, detail engineering design untuk pembangunan MRT sedang dalam proses, begitu pula dengan pembebasan lahan di Jalan Fatmawati yang akan menjadi jalur moda transportasi masal tersebut.

Pengaturan yang pertama dilakukan pada daerah kerja sepanjang jalur MRT, kemudian sepanjang Lebak Bulus masuk ke TB Simatupang, dan daerah Fatmawati.

"Tentunya akan ada pelebaran sisi kiri dan kanan jalan sekitar 2 meter. Pada prinsipnya jumlah lajurnya akan tetap dipertahankan," ujar Pris di Balaikota DKI Jakarta, Senin, 29 November 2010.

Langkah sistem pengaturan yang kedua, lanjut dia, adalah pengaturan di daerah luar pengerjaan pembangunan. Guna mengatasi kemacetan lalulintas, maka jalan layang dan jalan alternatif dipilih sebagai solusi.

"Sekarang dibangun jalan layang non tol, jalan ini merupakan salah satu alternatif MRT tadi, karena pada 2012 nanti ada underconstruction di Fatmawati, jalan layang itu bisa dipakai," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan telah menyediakan anggaran sebesar Rp300 miliar untuk membebaskan lahan yang menjadi lokasi MRT.

"Pembebasan tempat-tempat dimana ada entrance dan exit dari stasiun MRT," terangnya.

Namun, saat ditanya soal kemacetan yang akan melanda ibukota saat pembangunan jalan layang maupun moda transportasi yang dinilai dapat mengurai kemacetan itu, Fauzi sontak marah.

"Kita bekerja dengan sistem, kalau kita lakukan serempak nanti Anda lebih banyak omong lagi, sebentar lagi pasti akan ngomel lagi karena kita akan bangun jalan layang, tapi kalau saya nggak bangun jalan layang Anda ngomelnya akan lebih banyak lagi," serunya. (hs)

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024