Pakai Monorel, Serpong-Bandara Cuma 20 Menit

Kereta monorel
Sumber :
  • www.fratkin.com

VIVAnews - Pemerintah Kota Tangerang Selatan membangun monorel Serpong-Bandara Soekarno Hatta. Moda transportasi massal ini mengatasi kemacetan.

Kepala Dinas Perhubungan Tangerang Selatan, Agus Mulyadi menilai, sarana transportasi monorel Serpong-Bandara adalah solusi tepat mengatasi kemacetan karena waktu tempuh perjalanan yang cukup singkat.

"Dengan monorel, untuk menempuh jarak 22 kilometer, hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja," ujar Agus Mulyadi kepada VIVAnews.com.

Daya angkut monorel masih dianggap yang terbesar, lebih dari seribu orang dapat terangkut setiap kali jalan. Jauh lebih efektif dari jenis angkutan darat lainnya.

Rencananya, jalur monorel ini akan membentang dari Serpong hingga Bandara Soekarno Hatta, sepanjang 28 kilometer dengan 14 stasiun (titik perhentian) yang akan dipersiapkan.

"Rel akan terpasang di atas jembatan layang. Karena sudah tidak ada tempat lagi di bawah," ujar Agus.

Pembangunan monorel saat ini masih dalam tataran prarencana tata ruang wilayah Propinsi Banten. Sementara mengenai pelaksana pembangunan, pemerintah akan menyerahkan kepada pihak yang merasa siap melaksanakannya.

"Terserah siapa yang akan membangun, bisa pemerintah atau swasta. Tapi yang pasti masyarakat Tangerang Selatan membutuhkan sarana transportasi alternatif segera," ujar Agus

Karena saat ini saja, terdapat sedikitnya 17 titik rawan macet di wilayah Tangerang Selatan. Salah satunya di Jalan Serpong Raya. Pada jam sibuk, saat pagi dan sore hari, ada 9.200 kendaraan per jam yang melintas di Jalan Raya Serpong.

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengirimkan sebuah surat kepada Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta bantuan mutasi ASN dari Papua ke Jawa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024