Cegah Teror, Kapolda Temui Kedutaan

Ledakan di JW Marriott dan Ritz Carlton
Sumber :
  • Wenny Gusmarda (ANTV)

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metro Jaya melalui Direktorat Pengamanan Obyek Vital melakukan pertemuan dengan sejumlah diplomat dari kedutaan besar yang berada di Jakarta. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas sistem pengamanan perwakilan asing di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Sutarman menjelaskan, kegiatan bertema diplomatik community meeting berlangsung di balai pertemuan Polda Metro, Selasa 21 Desember 2010.

Pertemuan ini merupakan bentuk pertanggungjawaban Polda Metro Jaya selaku pengemban pengamanan di kantor-kantor perwakilan asing, konseler serta organisasi serta lembaga internasional di Jakarta.

"Untuk memetakan permasalahan dan gangguan yang dialami anggota diplomat. Jakarta merupakan pusat kegiatan diplomatik, politik, ekonomi, sosial budaya dan lainnya," tegasnya.

Selain itu, kata Sutarman, dalam pertemuan itu dijelaskan pelaksanaan kegiatan keamanan polisi terhadap kantor diplomat, secara teknis yang juga mengandung nilai strategis.

"Kita punya kekuatan dan peralatan tapi kalau tidak tahu apa masalahnya, kita tak bisa berikan yang maksimal," paparnya.

Kapolda juga mengajak peran serta dan seluruh potensi pihak terkait dalam hal ini Departemen Luar Negeri dan seluruh perwakilan asing ikut berperan menangani keamanan khususnya di kantor kedutaan, kediaman duta besar, kantor atase, konsulat serta sekolah asing.

Kepala bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Baharudin Djafar menambahkan, dalam pertemuan ini, juga akan membahas mengenai kendala yang dialami diplomat seperti sweeping yang dilakukan ormas tertentu sehingga menimbulkan keresahan.

Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB, dan dihadiri 85 perwakilan kedutaan besar, seperti dari Kedutaan Australia, Kroasia, Somalia, Uni Emirat Arab, Timor Leste dan Saudi Arabia.

Ada 10 perwakilan tetap ASEAN, 18 Konjen atau atase, 23 organisasi dan lembaga dunia internasional serta delapan sekolah asing.

Selain itu, sejumlah petinggi Polri seperti Kabaharkam Mabes Polri, Kapolda Metro Jaya, Wakapolda dan pejabat utama Polda Metro Jaya serta perwakilan dari Kemenlu RI turut menghadiri kegiatan ini.

Selain pemberian paparan mengenai hubungan internasional, pertemuan ini juga membahas peristiwa lampau seperti serangan teroris di Kedutaan Besar Australia pada tahun 2004 lalu. (adi)

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024