METRO

Penyebab Bus Transjakarta Sering Mogok

Bahkan korsleting pada mesin yang menyebabkan kebakaran.
Rabu, 5 Januari 2011
Oleh : Eko Priliawito, Dwifantya Aquina
Bus Transjakarta

VIVAnews - Perawatan armada Transjakarta makin mengkhawatirkan. Tak sedikit bus yang sedang beroperasi mengalami kendala, seperti mogok bahkan korsleting pada mesin yang menyebabkan kebakaran.

Menanggapi masalah ini, Asisten Manajer Operasional Badan Layanan Umum (BLU) TransJakarta, Bano Yogaswara mengakui kendala sudah diantisipasi pada pengecekan awal bus sebelum beroperasi.

"Sebelum beroperasi kita selalu cek. Mungkin karena terlihat dari luar saja yang layak jalan," ujar Bano di Jakarta, Rabu 5 Januari 2011.

Contohnya pada peristiwa mogoknya armada bus Transjakarta di lintasan Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur, pagi tadi. Menurut laporan dari petugas di lapangan, ada kerusakan pada aki bus, sehingga bus tidak mampu distarter.

"Kami juga inginnya setiap bus harus siap pakai dan layak jalan, padahal petugas sudah memeriksa dan mengisi Lembar Pemeriksaan Sebelum Beroperasi (LPSB)," kilahnya.

Peristiwa terbakarnya mesin busway koridor V, pada 28 Desember 2010 lalu di jalan Kramat Raya, menurut Bano juga telah melewati proses pemeriksaan sebelum beroperasi.

"Operator kita kasih waktu melakukan perbaikan, kalau tidak bisa membetulkan, bus dipulangkan, lalu diganti bus cadangan," jelasnya.

Wakil Ketua DPRD DKI Triwisaksana mengatakan, untuk memantapkan moda transportasi ini, DPRD tengah menggodok usulan Raperda untuk menjadikan BLU menjadi BUMD sebagai salah satu solusi.

Dengan demikian, pengadaan armada dan masalah pemeliharaan busway tidak lagi tergantung pada siklus anggaran daerah lewat APBD.

"Transjakarta akan lebih leluasa dalam mengelola manajemen, diharapkan perubahan BLU Transjakarta menjadi BUMD menghasilkan perbaikan sehingga pelayanan transportasi massal ini lebih professional dan efisien," tegasnya. (adi)




TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found