Pilkada Tangerang Selatan

Survei: Arsid-Andre Ungguli Airin-Davnie

Pilkada Tangerang/Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/ Muhammad Deffa

VIVAnews - Pemilu Kepala Daerah Tangerang Selatan putaran kedua akan dilangsungkan pada Minggu, 27 Februari 2011. Beberapa kandidat calon berusaha mempertahankan suaranya.

Siapakah yang diunggulkan dan dipercayai masyarakat untuk memimpin Kabupaten Tangerang Selatan? Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) menemukan dalam surveinya, pasangan Arsid dan Andre Taulany lebih unggul.

Survei persepsi dan perilaku publik yang dilakukan pada periode 19-21 Februari 2011 dengan mengambil sampel sebanyak 440 sampel yang dilakukan di 7 kecamatan seperti  Serpong, Serpong Utara, Ciputat, Ciputat Timur, Pondok Aren, Pamulang, Setu dan tersebar di 21 kelurahan ini menyebutkan jika pasangan Arsid dan Andre Taulany lebih diunggulkan dan dipercaya masyarakat.

Seperti dikatakan Direktur Puskaptis, Husin Yazid, yang ditemui di Jakarta, dari beberapa pasangan yang bertarung dalam pilkada Tangsel, seperti Yayat Sudrajat- Norodom Soekarno, Rodiyah Najibah- Sulaeman Yasin, Arsid- Andre Taulany dan Airin Rachmi Dairy – Benyamin Davnie nama Arsid-Andre dan Airin- Davnie paling banyak dibicarakan dan kedua pasangan ini bersaing ketat.

Dari responden yang disurvei mememperoleh hasil, pasangan Arsid dan Andre Taulany ini memperoleh prosentase kepercayaan masyarakat tersebesar yaitu 44,89% , Airin- Benyamin Davnnie memperoleh 40,46%, Yayat Sudrajat – Norodom Soekarno (1,78%), Rodiyah Najibah –Sulaeman Yasin (0,76%), sedangkan responden yang menjawab tidak tahu atau tidak jawab sebesar 13,11%.

Tingkat Popularitas


Kedua pasangan calon tersebut memiliki tingkat popularitas yang berbeda-beda. Mahfum saja, pasangan Arsid –Andre merupakan pasangan terkenal. Arsid merupakan bekas camat yang memimpin di tiga wilayah di Tangerang Selatan sedangkan Andre adalah artis dan penyanyi yang sudah banyak dikenal masyarakat. Jadi tidak ada masalah bagi keduanya untuk memperkenalkan diri dan programnya karena sudah terbiasa menghadapi masyarakat.

Sedangkan untuk pasangan Airin dan Davnie, Airin merupakan adik ipar Gubernur Banten Atut Chosiyah. “Popularitas dan kedekatan dengan masyarakat masih menjadi acuan masyarakat memilih calon pemimpin,” seperti dijelaskan Husin Yazid, Direktur Eksekutif Puskaptis.

Ia menambahkan, beberapa masyarakat atau responden memilih calon pasangan Arsid dan Adre adalah :
- Tingkat popularitas (40.54%)
- Tidak pernah terlibat kasus (10.81%),
- Berpengalaman (8.11%)
- Solid (2.70%)
- Kinerja baik (2.70%)
- Merakyat (2.70%)
- Mampu memimpin (5.41%)
- Agamis (5.41%)
- Ingin perubahan (2.70%)
- Rekam Jejak Politik baik (2.70%)
- Figur Baik (13.51%)
- Program yang bagus (2.70%)

Beragam alasan yang mendasari pendapat responden menjagokan Airin – Benyamin Davnie adalah sebagai berikut :
- Tingkat popularitas (12.90%)
- Sering memberi sumbangan (9.68%)
- Nasionalis (3.23%)
- Merakyat (9.68%)
- Program Bagus (9.68%)
- Sudah Tahu Keadaan Tangsel (12.90%)
- Mampu memimpin (19.35%)
- Emansipasi (3.23%)
- Pengalaman (3.23%)
- Figur Baik (6.45%)
- Toleransi Beragama (3.23%)
- Perhatian Pada Rakyat (3.23%)
- Cantik (3.23%)

Hasil survei yang dirilis Puskaptismemiliki margin  error sebesar 5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Petinggi Gerindra: Kemungkinan Pengajuan Hak Angket DPR Hanya 3 Persen
Komet.

Komet Setan Muncul Jelang Idul Fitri

Komet Setan atau Devil Comet akan melewati Bumi bersamaan dengan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 8 April 2024, atau menjelang Hari Raya Idul Fitri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024