Pengamat: Mal di Jakarta Lewati Batas Ideal

Desain mal Taman Ria Senayan
Sumber :
  • jakartaskypercity.com

VIVAnews - Di usia 483 tahun, Jakarta dinobatkan sebagai kota yang yang memiliki mal terbanyak di dunia. Tidak heran, karena jumlah pusat perbelanjaan mencapai 70 bangunan. Bahkan, setiap tahunnya pusat perbelanjaan atau mal terus bertambah.

Kondisi itu terjadi lantaran banyaknya kawasan yang semula tidak direncanakan menjadi kawasan bisnis harus beralih fungsi menjadi kawasan komersial dan menggusur lahan terbuka hijau.

Tidak terkendalinya pembangunan pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta diprediksi membuat beban kemacetan semakin besar. Sebab, tidak ada mal yang tidak mengakibatkan kemacetan, karena setiap mal selalu menjadi konsentrasi massa yang berdampak terhadap kemacetan lalulintas.

Menurut pakar perkotaan, Yayat Supriatna, mal yang ada di Jakarta sudah melebihi batas ideal. Hal itu membuat Jakarta menjadi kota dengan mal terbanyak di dunia.

"Jumlah pusat belanja yang ada di Jakarta telah melebihi batas ideal dari jumlah penduduknya," ujar akademisi Universitas Trisakti itu di Jakarta, Sabtu, 5 Maret 2011.

Dia menjelaskan, pertumbuhan pembangunan mal yang semakin tak terkendali membuat fungsi taman kota hilang. Padahal, kawasan yang seharusnya menjadi daerah resapan air dan ruang terbuka hijau harus rela digusur demi berubah menjadi kawasan bisnis.

Penyebab utama invasi kawasan hijau menjadi kawasan komersial bersumber dari penegakan tata ruang wilayah di DKI Jakarta yang sangat lemah. "Semakin banyak mal menjadikan Jakarta sebagai 'gula-gula' dan berdampak semakin berat beban masalah, mulai dari ancaman kemacetan dan banjir," tuturnya.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mendesak pemprov DKI untuk menegakkan analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) tentang lalulintas bagi pembangunan mal yang tengah berlangsung.

"Hampir semua mal yang ada saat ini selalu jadi biang macet karena lokasinya berdekatan dengan jalan raya, terlebih lagi kalau terletak di persimpangan jalan, kemacetan menjadi lebih parah lagi. Itu karena tidak ditegakkannya analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal) tentang lalulintas saat pembangunan mal," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Royke Lumowa.

Saat ini, dia melanjutkan, banyak mal yang menjadi biang macet karena gedung tersebut tidak memiliki fasilitas jalan dan taman parkir yang memadai. "Sebaiknya, pembangunan pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta, jeda dulu. Karena sudah terlalu banyak, sehingga menyebabkan simpul kemacetan."

Berikut data mal di Jakarta yang dikumpulkan VIVAnews.com dari berbagai sumber:

Jakarta Pusat
Gajah Mada Plaza
ITC Cempaka Mas
Menteng Plaza
Plaza Indonesia
EX Plaza Indonesia
Sarinah Plaza
Grand Indonesia Shopping Town
Plaza Atrium
Lifestyle X'nter
Senayan City
Plaza Senayan
Dusit Mangga Dua
Mal Mangga Dua
Harco Mas Mangga Dua
Mangga Dua Square
ITC Roxy Mas
MGK Kemayoran

Jakarta Utara

ITC Mangga Dua
Mal Kelapa Gading
Mal Sunter
Pluit Village
Pasar Pagi Mangga Dua
WTC Mangga Dua
Mal Artha Gading
Sports Mall Kelapa Gading
Kelapa Gading Trade Center
Mall of Indonesia
Emporium Pluit Mall
La Piazza

Jakarta Timur
Kramat Jati Indah
Cibubur Junction
Pusat Grosir Cililitan
Pusat Grosir Jatinegara
Tamini Square
Pulogadung Trade Center
Mal Graha Cijantung
Arion Mal
Buaran Plaza
Mal Citra Klender
Rawamangun Square

Jakarta Barat

Lindeteves Trade Center (LTC-Glodok)
Glodok Plaza
Harco Glodok
Lokasari Plaza
Mal Ciputra
Mal Daan Mogot
Mal Puri Indah
Mal Taman Anggrek
Slipi Jaya Plaza
Mal Taman Palem
St Moris
Central Park

Jakarta Selatan
Kalibata Plaza
Cilandak Town Square
Mal Cilandak
Blok M Plaza
Blok M Mall
Blok M Square
ITC Fatmawati
ITC Kuningan
Mal Ambassador
Mal Blok M
Mal Pondok Indah I & II
Melawai Plaza
Pasar Raya Dept. Store
Pacific Place
Plaza Semanggi
Setiabudi One
ITC Permata Hijau
ITC Pejaten Village

Berlaku Progresif, Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Bakal Libas 31 Pelaku Tindak Pidana

(art)

Motor Honda BeAT di IMOS 2022

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman

Honda BeAT sebagai sepeda motor  jenis skuter matik terlaris di Indonesia, kerap jadi sasaran pencurian kendaraan bermotor. Salah satu faktor yang dianggap banyak orang m

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024