Car Free Day Ditiadakan Pekan Ini

Car Free Day
Sumber :
  • AP Photo/Dita Alangkara

VIVAnews - Polda Metro Jaya tidak akan memberlakukan hari bebas kendaraan bermotor alias car free day saat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-18. KTT ASEAN akan berlangsung pada 7-8 Mei 2011 di JCC, Senayan, Jakarta.

"Terkait penyelenggaran KTT ASEAN, kami tiadakan hari bebas kendaraan bermotor pada 8 Mei mendatang," kata Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi Tomex Kurniawan di Jakarta.

Pekan Depan, MK Batasi Jumlah Saksi di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Dia menuturkan, tidak diberlakukan car free day dikarena jalur hari bebas berkendaraan itu merupakan jalur yang akan dilewati kendaraan pejabat negara peserta KTT. Polda Metro Jaya akan memundurkan jadwal car free day pekan ketiga Mei 2011.

Biasanya, Polda Metro Jaya memberlakukan car free day di sepanjang jalur Blok M - Harmoni pada pekan kedua dan keempat setiap bulannya.

Terkait pengawalan pejabat, Tomex menyatakan Polda Metro Jaya akan menyiapkan petugas pengawal kendaraan roda dua dan empat mulai dari titik tempat rombongan menginap hingga lokasi acara. "Beberapa titik rute yang dilewati akan diamankan dari rombongan menginap sampai tempat acara dan sebaliknya," ujarnya.

Sedangkan rencana pengalihan arus lalulintas disesuaikan dengan kondisi kepadatan kendaraan. Namun petugas kepolisian akan memprioritaskan penggunaan jalan bagi kendaraan yang membawa pejabat negara.

Polri secara keseluruhan mengerahkan sekitar 4.385 personel guna mengamankan pertemuan pajabat tingkat Asia Tenggara itu.

Mengenal Flu Singapura yang Akhir-akhir Ini Merebak di Indonesia

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons Kemenkes melaporkan, per pekan ke-11 tahun 2024 tercatat sudah ada 5.461 kasus flu Singapura di Indonesia

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024