NII, Polda Terima Laporan 4 Orang Hilang

Polda Metro Jaya
Sumber :

VIVAnews - Polda Metro Jaya kembali menerima laporan orang hilang yang diduga terkait kelompok Negara Islam Indonesia (NII). Untuk mendalami laporan-laporan ini, kepolisian akan meminta keterangan awal dari para pelapor.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Baharudin Djafar mengungkapkan laporan pertama pada 2 Mei 2011, atas nama Sarifah warga Pamulang yang melaporkan putrinya berinisial R dan menantunya, C. Dalam laporan itu, Sarifah menyebutkan C mengaku sebagai wakil bupati di NII sejak 1997. "Dan R putrinya menjabat sebagai bupati," kata Baharudin kepada wartawan, Selasa 10 Mei 2011. 

Menurut Baharudin, R dan C tidak sepenuhnya disebut sebagai orang hilang karena karena masih berkomunikasi dengan pelapor. "Sarifah ini mengaku khawatir anak dan menantunya bergabung di NII sehingga dia melaporkan ke Polda Metro Jaya."

Menurut rencana polisi akan memeriksa R dan C pekan ini. Namun, Baharudin menegaskan, polisi belum memutuskan kasus ini terindikasi pidana atau belum.

Laporan kedua, sambungnya, atas nama Laili Hanum pada tanggal yang sama dengan Sarifah. Laili melaporkan anaknya berinisial AP yang hilang dari tempat kuliahnya di bilangan Jakarta Selatan, tiga bulan lalu. "Besok dari setiap pelapor akan kami mintai dulu keterangan." Jika memang terindikasi melakukan tindakan makar, pelaku bisa dijerat Pasal 106 dan 107 KUHP tentang penggulingan pemerintahan dengan ancaman 15-20 tahun.

Laporan terakhir atas nama Nurdin Damer yang kehilangan anak berinisial LL sejak 2009. "Kemarin dia datang ke saya dan bertanya perkembangan pencarian anaknya serta NII," jelas Baharudin. Nurdin mengaku panik dengan gencarnya pemberitaan NII akhir-akhir ini sebagai kelompok yang diduga ada di balik pencucian otak.

Nurdin, imbuh Baharudin, mendapat kabar bahwa LL sudah menikahi seseorang berinisial AS, tapi hingga ini tidak diketahui keberadaannya. Total semua yang dilaporkan sebanyak lima orang. (adi)

Ditetapkan Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Pasrah
Ketua Majelis Pertimbangan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy (kedua kiri).

Klaim 40 Persen Pemilihnya Dukung Prabowo-Gibran, PPP Isyaratkan Siap Pindah Koalisi

PPP menyatakan peluang partai berlambang Kabah itu untuk bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan diputus lewat forum Mukernas.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024