Satpol PP Tertibkan Bajaj di Lajur Sepeda

Sepeda
Sumber :
  • dianwidiyanarko.com

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menindak sejumlah bajaj yang menjadikan jalur khusus sepeda Taman Ayodya-Blok M sebagai tempat mangkalnya.

Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, menyatakan ulah pengemudi  bajaj yang menyerobot jalur khusus sepeda itu melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas. Meski begitu, pihaknya akan melakukan sosialisasi terlebih dulu selama satu bulan ke depan sebelum menjatuhkan hukuman.

"Akan kami tilang bajaj yang mangkal di sana jika masa sosialisasi selama satu bulan itu sudah selesai," ujar Syahrul saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa, 24 Mei 2011.

Syahrul mengaku pihaknya memang mengalami kesulitan mengubah kebiasaan sopir bajaj yang egois dan hanya mau menang sendiri. Maka dari itu, petugas Satpol PP dan Sudin Perhubungan Jakarta Selatan akan ditugaskan memantau lapangan.

Syahrul menegaskan, hari ini dia telah memerintahkan petugas di dua instansi itu untuk mengusir paksa pemilik bajaj yang mangkal di lajur khusus sepeda. "Petugas di lapangan sudah bekerja," ucapnya.

Syahrul menyadari, lajur khusus sepeda sepanjang 1,4 kilometer yang baru diresmikan dua hari yang lalu tersebut belum sepenuhnya ideal digunakan pesepeda. Mengingat aspek keselamatan pesepeda belum terjamin benar, sebab kendaraan bermotor lain bisa dengan mudah menyerobot jalur khusus tersebut.

Dia pun berharap tidak akan ada peristiwa kecelakaan menimpa pesepeda. "Aspek keselamatan jalan akan kami terapkan segera," kata Syahrul yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Sepeda Indonesia (KSI) tersebut. (umi)

Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
Ilustrasi Penganiayaan Anak

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

Viral anak selebgram asal Malang, Emy Aghnia jadi korban penganiayaan oleh suster yang jadi pengasuhnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024