Polisi Berencana Buka Gerai di Tempat 'Dugem'

Persiapan Pos Polisi Terpadu
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Setelah meresmikan gerai Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) di Blok M Square, Jakarta Selatan, Polda Metro Jaya berencana membangun pos serupa di pusat perbelanjaan lain dan tempat hiburan malam.

Penempatan sentra pelayanan itu untuk mencegah terjadinya tindak kriminal di pusat hiburan. Bahkan tahun ini ditargetkan semua pusat perbelanjaan di setiap wilayah hukum Polda Metro Jaya memiliki pusat layanan polisi.

"Ini merupakan upaya kita untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat. Kalau hari ini kami bangun gerai sentra pelayanan masyarakat, ke depan hal seperti ini juga dilanjutkan ke tempat lain di mana masyarakat berkumpul seperti mall bahkan hiburan malam," ujar Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Sutarman, Kamis 26 Mei 2011.

Ditambahkan Sutarman, rencananya tahun ini, Gerai sentra pelayanan masyarakat yang akan dibangun selanjutnya adalah di Gandaria City, Pondok Indah Mal, Mal Casablanca dan Cilandak Town Square.

"Kita targetkan gerai itu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat mulai bulan Juni 2011," paparnya.

Namun, untuk pengadaan gerai polisi di tempat hiburan malam, Sutarman masih belum bisa memastikannya. Menurutnya, selama pemilik gedung menyediakan tempat bagi polisi, maka tempat itu akan dimanfaatkan bagi gerai sentra pelayanan masyarakat.

"Gerai ini tentu akan efektif, karena bisa mencegah transaksi narkoba dan kejahatan lainnya di situ," jelasnya.

Direktur Sabara Baharkam Mabes Polri, Brigadir Jenderal M Iriawan mengatakan, selain membangun gerai SPK di tempat-tempat hiburan dan pusat perbelanjaan, pihaknya juga akan menyediakan mobil keliling gerai SPK.

"Nanti tanggal 18 Juni akan diluncurkan, ada 40 mobil yang akan disediakan untuk ditempatkan di titik keramaian dan kegiatan olahraga," ujarnya pada kesempatan yang sama.

Seperti diketahui, untuk pertama kalinya, pelayanan kepolisian di bidang pengaduan dan pelaporan tidak berlokasi di kantor polisi. Melainkan di Pusat Perbelanjaan, seperti yang ada di Blok M Square.

Pembuatan Gerai SPK merupakan langkah konkrit dari seruan Kapolri Jendral Timur Pradopo terkait partnership building sesuai Grand Strategy Polri.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick
Penyakit Demam Berdarah di Jakarta dikatakan meningkat sejak memasuki tahun 2024.

Waspada! Demam Berdarah Mengganas, Jakarta Jadi Episentrum dengan 35 Ribu Kasus

Angka kasus demam berdarah di Indonesia kembali meningkat. Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan hingga Kamis sore 28 Maret 2024 tercatat sudah ada 390 kematian

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024