Hanya Dua Kota di Jakarta Berkualitas Hijau

Taman Ayodya
Sumber :
  • www.jakarta.go.id

VIVAnews - Terdapat lima kota di Daerah Khusus Ibukota Jakarta, namun hanya dua di antaranya memiliki kualitas lingkungan hijau yang baik. Keduanya adalah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Karena di selatan dan timur kan termasuk daerah resapan air," ucap Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah Jakarta, Peni Susanti, saat ditemui di sela acara HSBC Green Festival "The Hidden Value of Forest", Jakarta, Sabtu 25 Juni 2011.

Peni Susanti menyebutkan, keberadaan lingkungan atau ruang hijau di Jakarta sudah minim sekali dan mencapai tingkat meresahkan. Saat ini ruang hijau yang dimiliki Jakarta hanya berkisar pada 9,36 persen dari luas daerah ini.

"Kami berusaha menyelamatkan daerah-daerah terbuka atau ruang hijau yang tadinya sampah diubah menjadi taman-taman. Jadi kami targetkan 13 persen dapat tercapai kepemilikan ruang hijau," ujarnya.

Untuk mencapai target itu, Pemerintah Daerah Jakarta menegaskan akan mengembangkan kaderisasi generasi muda Jakarta yang peduli akan lingkungan. Peni menyadari tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah kota Jakarta melainkan juga harus dibantu partisipasi dari masyarakat.

"Jadi kalau semua masyarakat peduli kita akan dapat ruang terbuka hijau yang secara alamiah masyarakat menjaga. Yang terpenting sisi empowerment dan meningkatkan peran serta masyarakat," katanya.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju
VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024