Lebaran 2011

Kereta Pengangkut Motor Ditiadakan

Mudik Lebaran : Arus Motor di Karawang, Jabar
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Kepala Daerah Operasi I Jakarta, Purnomo Radik memastikan dalam Lebaran 2011 ini, tidak disediakan angkutan khusus sepeda motor bagi pemudik. Pengguna jasa ini dianggap sedikit dan tak bisa menutupi biaya operasional.

Dengan demikian, tahun ini pihaknya lebih fokus untuk melakukan pengangkutan penumpang daripada sepeda motor. "Tahun ini kami tiadakan, dan kami juga sudah berbicara dengan Dirjen Perkeretapian untuk meniadakannya," jelas Purnomo kepada VIVAnews.com.

Menurut Purnomo, para pengendara sepeda motor lebih senang mengendari sendiri motornya saat pulang kampung ketimbang menitipkannya di Kereta Api.

Saat mudik lebaran, motor mungkin menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin mudik ke kampung halaman. Selain bisa cepat sampai dan biaya yang dikeluarkan juga tidak begitu besar jika harus menggunakan kereta api, bus, ataupun pesawat.

Tetapi, meski murah, tingkat kecelakaan para pengguna tinggi, sebab menggendarai motor dalam perjalanan jauh juga membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat.

Mabes Polri mencatat angka kecelakaan lalu lintas pengguna kendaraan roda dua saat mudik lebaran pada tahun 2008 sebanyak 337 kecelakaan, sedangkan pada tahun 2009 jumlahnya meningkat menjadi 417 kecelakaan.

Tahun 2010 ini, sejak H-7 hingga saat Lebaran tiba, jumlah kecelakaan lalu lintas yang berkaitan dengan mudik sudah mencapai 900 kasus. Dari situ, 164 orang meninggal dunia. Kebanyak korban adalah pengguna kendaraan roda dua. (umi)

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto Hadiri Akad Nikah Putri Gubernur Jambi

Ketua DPRD Jambi Hadiri Akad Nikah Pernikahan Putri Sulung Gubernur Al Haris

Ketua DPRD Jambi, Edi Purwanto bersama istri menghadiri akad nikah Esy Risdianti, putri sulung Gubernur Jambi Al Haris.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024