Calo Tiket KA Cari Celah Via Sistem Online

Antri tiket kereta api
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Delapan calo tiket kereta api ditangkap saat beraksi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin 18 Juli 2011. Menurut Kepala Humas Daops I PT Kereta Api Indonesia, Mateta Rizalulhaq, saat ini para calo itu sedang diperiksa di Polsek Gambir.

David Da Silva Hattrick, Persib Bandung Benamkan Persebaya Surabaya

Dengan begitu, kata Mateta, maka sejak hari pertama pemesanan dibuka pada 16 Juli kamarin, total sudah 14 calo tertangkap. "Kemarin satu, dan sebelumnya lima," kata Mateta saat dihubungi VIVAnews.com.   

Mateta mengungkapkan, praktik percaloan sulit dihilangkan selama pembelinya ada. Berbagai cara juga sudah ditempuh PT KAI untuk meminimalisir calo. Salah satunya dengan membatasi pembelian tiket. Setiap calon penumpang hanya boleh membeli empat tiket dalam satu kereta.

Selain di Gambir, kini pemesanan tiket dipermudah dengan adanya sistem online. Tiket bisa dipesan di Pasar Senen, di seluruh Indomaret, dan di kantor pos. "Bisa dibeli di mana saja. Dalam waktu yang cepat, 10 menitan bisa terjual karena polanya seperti itu," tambah dia.

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan, pemesanan melalui sistem online itu dimanfaatkan oleh para calo untuk memborong tiket. "Bisa saja itu," ujarnya. Jika itu terjadi, Mateta sangat menyesalkan sebab tujuan awal pemberian fasilitas itu untuk memudahkan penumpang agar tidak perlu repot-repot datang ke stasiun. (umi)

Maliq & D’Essentials hingga Dewa 19 Hibur Ribuan Penonton di Soul Intimate Concert 2.0
Konser TVXQ di Jakarta

Bikin Kagum, TVXQ Ucapkan Selamat Lebaran Bagi Penggemarnya di Indonesia

TVXQ ucapkan selamat lebaran bagi penggemarnya di Indonesia. Teriakan penggemar terdengar histeris

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024