METRO

Mantan Aktivis Buruh, Calon Bupati di Bekasi

Dia akan bersaing dengan calon lainnya dari partai yang sama.
Rabu, 20 Juli 2011
Oleh : Denny Armandhanu
Ilustrasi pemilihan umum

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Propinsi Jawa Barat, Waras Warsito hari ini Rabu 20 Juli 2011, menyerahkan Formulir Bakal Calon Bupati Bekasi ke Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, untuk menyatakan siap bersaing pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bekasi 2012-2017.

Tahapan Pilkada sendiri baru akan berlangsung September 2011, yakni pendaftaran pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi.

“Saya optimis karena sudah di dukung oleh sepertiga dari 23 PAC (Pimpinan Anak Cabang) PDI Perjuangan,” ungkapnya saat menyerahkan formulir ke Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, di Jalan Raya Kalimalang Tegal Gede Cikarang Pusat, Rabu 20 Juli 2011.

Waras yang selama ini dikenal sebagai aktivis buruh, nantinya akan bersaing dengan Bakal Calon Bupati dari PDI Perjuangan lainnya, yang belum resmi mendaftar. Diantaranya Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Bekasi yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bekasi, Jejen Sayuti dan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari PDI Perjuangan, Sarbini.

Mereka yang mendaftar nantinya akan di saring melalui serangkaian tes dan uji kompetensi di tingkat DPD dan Juga DPP PDI Perjuangan, untuk menentukan siapakah yang berhak maju sebagai Calon Bupati Bekasi “Kalaupun nanti saya kalah dalam proses penyaringan, saya tidak akan menyesal. Saya akan mendukung siapapun yang terpilih,” kata Waras.

Sejauh ini PDIP Perjuangan yang mempunyai 7 orang perwakilan di DPRD Kabupaten Bekasi, masih belum menentukan langkah, apakah akan berkoalisi atau tidak pada Pilkada nanti. “Kewenangan untuk menentukan apakah akan maju sendiri atau berkoalisi dengan partai lain, masih belum ada keputusan dari DPP,” tambahnya.

Selain dari PDI Perjuangan, sejumlah partai lain di Kabupaten Bekasi juga sudah menyatakan siap maju dengan calonnya masing-masing. Diantaranya DPD Partai Golkar Kabupaten Bekasi, yang akan mengusung ketuanya, Darip Mulyana.

Darip yang kini menjabat sebagai Wakil Bupati Bekasi, sudah resmi dinyatakan sebagai Calon Bupati Bekasi dari Partai Golkar, namun mengenai dengan siapa dia berpasangan masih akan menunggu keputusan dari DPP Partai Golkar.

Sementara dari Partai Demokrat, 2 calon dipastikan siap bersaing sebagai Bakal Calon Bupati Bekasi, yakni Achdar Sudrajat Anggota Komisi D DPRD Propinsi Jawa Barat dan Rohim Mintareja Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Bekasi.

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Mustakim, mengatakan untuk Pilkada nanti pihaknya sudah menyetujui anggaran sebesar Rp42 Milyar dari APBD 2011. “Dana itu untuk semua tahapan Pilkada dari mulai pendaftaran, sosialiasi hingga pembelian alat pemilu untuk KPU. Putaran pertama sendiri akan dilakukan Maret 2012, dananya cukup untuk dua putaran,” ujarnya.

Sejumlah tahapan Pilkada, sudah mulai dilakukan oleh KPU Kabupaten Bekasi di antaranya adalah sosialisasi kepada 23 Camat, dan 187 Lurah dan Kepala Desa di Kabupaten Bekasi. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bekasi, saat ini juga masih terus melakukan updating jumlah pemilih tetap. (Laporan: Erik Hamzah | Bekasi, eh)

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found